Soal Kemungkinan Prabowo Umumkan Sudaryono Jadi Cagub Jateng, Muzani Bilang Begini

Selasa, 16 Juli 2024 – 20:20 WIB
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen Gerindra Ahmad Muzani angkat bicara soal kemungkinan Prabowo Subianto bakal mengumumkan kader internal Sudaryono menjadi Cagub Jawa Tengah 2024.

Dia menyebut Prabowo sebenarnya sudah menerima segala masukan berkaitan Pilkada Jateng, seperti kondisi lapangan dan hasil survei.

BACA JUGA: Baru 8 Bulan Jabat Ketua DPD Jateng, Elektabilitas Sudaryono Sudah Menyanyingi Lutfhi

Akan tetapi, Prabowo butuh waktu untuk mengumumkan sosok yang akan diusung pada Pilkada Jateng 2024.

"Pak Prabowo butuh waktu untuk segera memutuskan, insyaallah termasuk Jateng, karena beberapa masukan, kondisi dan hasil survei sudah beliau simpulkan, ya, beliau tinggal sedikit istikharah," kata Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/7).

BACA JUGA: Prabowo Memutuskan Gerindra Usung Bobby-Surya di Pilkada Sumut 2024

Menurutnya, Prabowo juga menerima masukan dari berbagai tokoh masyarakat sehingga bisa menentukan sosok untuk diusung pada Pilkada Jateng 2024.

"Pak Prabowo untuk Jateng sudah mendapatkan berbagai macam sumber, sudah beragam masukan tokoh di Jateng dan beliau dalam waktu pendek akan mengambil keputusan," jelasnya.

BACA JUGA: Soal Gerindra dan KIM Beda Jalan di Pilkada 2024, Begini Kata Muzani

Muzani memastikan bahwa setiap anggota Gerindra bakal patuh terhadap segala penugasan dan perintah yang diberikan dari Prabowo selalu Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina Gerindra.

"Kami ikuti, kami taat, dan ketum dan ketua dewan pembina akan mengambil keputusan yg terbaik bagi masa depan Jateng dan negara," tambahnya.

Nama Sudaryono belakangan mencuat sebagai sosok yang punya elektabilitas tinggi menyambut Pilkada Jateng 2024. Hal tersebut seperti tertuang dalam Indeks Data Nasional (IDN).

Direktur Eksekutif IDN Syifak Muhammad Yus mengatakan elektabilitas Sudaryono dalam simulasi terbuka menempel ketat angka keterpilihan Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi.

Lutfi dalam simulasi terbuka memperoleh elektabilitas 13,5 persen, sementara itu Sudaryono mengantongi 9,6 persen.

"Elektabilitas Sudaryono sebesar 9,6 % berada diposisi kedua dengan menempel ketat Ahmad Luthfi," beber Syifak saat memaparkan hasil surveinya di Jakarta, Senin (15/7).

Menurutnya, elektabilitas Sudaryono yang tinggi menjadi menarik karena alumnus SMA Taruna Nusantara itu baru menjabat delapan bulan sebagai Ketua DPD Gerindra Jateng.

Syifak mengatakan elektabilitas Sudaryono mampu bersaing dengan tokoh seperti Luthfi yang telah berdinas cukup lama di wilayah Jateng.

"Sudaryono yang baru delapan bulan menjabat Ketua Gerindra Jateng bisa menempel ketat Ahmad Luthfi yang sudah berdinas lama di wilayah Jateng," bebernya.

Diketahui, IDN melaksanakan survei terkait Pilkada Jateng 2024 pada 30 Juni hingga 7 Juli 2024 dengan melibatkan 1200 responden. Survei IDN memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (ast/jpnn)


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler