Soal Kepala Otorita IKN, Pemuda Kaltim Sampaikan Harapan Begini kepada Jokowi

Selasa, 08 Maret 2022 – 21:26 WIB
Perkantoran pemerintah di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara berkonsep walkability city sehingga dapat diakses dengan berjalan kaki. Foto: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Generasi muda Kalimantan Timur (Kaltim) yang tergabung dalam Koalisi Pemuda Ibu Kota Negara (KOPI-IKN) menyampaikan harapan kepada Presiden Jokowi terkait kepemimpinan di IKN Nusantara.

Harapan itu disampaikan Koordinator KOPI-IKN Viko Januardhy setelah mencermati berbagai aspirasi berbagai elemen masyarakat Kaltim dalam dua bulan terakhir.

BACA JUGA: Ada Kabar Baik soal IKN dari Luhut Binsar, Lobi Bisnis Jebol Lagi?

"Semoga Bapak Presiden Jokowi berkenan untuk memilih sosok masyarakat Indonesia yang berasal dari Kaltim sebagai kepala atau wakil kepala Otorita IKN Nusantara," ucap Viko dalam keterangan di Jakarta, Selasa (8/3).

Dia meyakini Presiden Jokowi akan mempertimbangkan yang terbaik siapa yang dipercaya sebagai pemimpin di IKN nanti. Apakah tokoh nasional maupun daerah.

BACA JUGA: Kasus Perbudakan Seksual ABG, Karier AKBP M Bakal Tamat, Irjen Nana Sudah Beri Perintah

"Mungkin saja kepala otorita IKN dari orang Kaltim sesuai kriteria disampaikan Bapak Presiden, wallahualam. Keputusan Pak Jokowi pasti yang terbaik buat Republik Indonesia sekarang dan generasi masa datang," tutur Viko.

Alumni Pemuda Lemhannas RI itu menyebut di dalam UU IKN jelas tertera bahwa sumber daya masyarakat (SDM) Kaltim bakal dilibatkan melalui kebijakan afirmatif dalam persiapan, pembangunan, pemindahan dan penyelenggaraan IKN.

BACA JUGA: Kekurangan PNS, Bupati Bogor Minta Pusat Buka Rekrutmen CPNS, PPPK?

"Ini sesuatu yang menggembirakan dan masyarakat Kaltim harus menyambut peluang tersebut sebaik mungkin dengan meningkatkan kompetensi," ujar dia.

Oleh karena itu, Viko berharap Presiden Jokowi dapat memilih tokoh asal Kaltim untuk masuk dalam struktur otorita IKN.

Seandainya pemimpin di IKN Nusantara tokoh atau pejabat tingkat nasional, mungkin wakilnya bisa dari Kaltim.

"Sejak Indonesia merdeka, belum pernah ada orang Kaltim duduk dalam struktur pemerintahan nasional sebagai menteri atau wakil menteri," ucap Viko.

Harapan itu menurutnya wajar lantaran Kaltim telah berkontribusi terhadap pembangunan nasional melalui sumber daya alam (SDA) yang dimiliki sejak puluhan tahun lalu.

"Kami mendukung IKN dan siap menyukseskan pemindahan IKN demi kejayaan bangsa," kata Viko Januardhy. (fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler