Spotify Rilis Daftar Putar Personalisasi Secara Global

Rabu, 04 September 2024 – 20:51 WIB
Spotify. Foto: Phone Arena

jpnn.com, JAKARTA - Spotify meluncurkan daylist yaitu daftar putar dipersonalisasi yang berubah sepanjang hari, sesuai dengan kebiasaan pengguna platform dalam mendengarkan musik.

Daftar putar musik yang diperkenalkan ke pasar pengguna berbahasa Inggris tahun lalu itu, sekarang tersedia untuk pengguna layanan gratis maupun premium secara global.

BACA JUGA: Fitur Ekstensi Spotify Akan Hadir di Google Gemini

Selain itu, perusahaan mengumumkan penambahan dukungan 14 bahasa lagi, termasuk Arab, Katalan, Prancis (Kanada), Prancis (Prancis), Jerman, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Polandia, Portugis (Brasil), Spanyol (Spanyol), Spanyol (Meksiko), dan Turki.

Pengguna dapat mengakses daylist di aplikasi Spotify melalui bagian "Made for You". Fitur itu juga dapat diakses lewat situs web.

BACA JUGA: Asyik! Spotify Tambah Kuota Lirik Lagu Bagi Pengguna Gratis

Daftar putar lagu dan judulnya diperbarui sepanjang hari dengan judul-judul pembaruan, seperti bedroom pop banger early morning atau 90s rave rainforest late night.

Pada saat peluncuran fitur, Spotify menyampaikan bahwa perusahaan menggunakan data musik khusus dan genre mikro, yang didengarkan pada waktu tertentu dalam sehari untuk menyarankan lagu dan memperbarui daylist.

BACA JUGA: Fitur My Spotify Menawarkan Pengalaman Memutar Lagu yang Lebih Personal

Pengguna juga dapat menyimpan daftar putar tertentu yang mereka sukai dengan mengetuk menu tiga titik, memilih opsi Add to playlist, dan mengetuk New Playlist untuk menyimpannya di perpustakaan mereka.

Spotify memperkenalkan daylist di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia pada September 2023 dan menyediakannya di 65 negara lainnya pada Maret 2024.

Sekarang, perusahaan menyediakan fitur tersebut bagi semua pengguna platform.

Spotify mencatat setelah perluasan jangkauan layanan pada Maret, sebanyak 70 persen pengguna daylist kembali setiap minggu untuk mengakses fitur tersebut.

Namun, perusahaan tidak memerinci berapa total pengguna yang telah menggunakan daylist atau seberapa banyak penemuan musik yang didorong oleh fitur tersebut. (techcrunch/ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Spotify Kembangkan Alat Remix Lagu, Khusus Pelanggan Premium


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler