Stadion Lebak Bulus akan Tergusur MRT

Kamis, 10 Februari 2011 – 20:14 WIB
JAKARTA - Rencana pembangunan angkutan massal MRT (mass rapid transit) yang akan digeber awal 2012 mendatang, bakal menerjang Stadion Lebak Bulus, Jakarta SelatanNantinya, eks-Stadion Lebak Bulus akan dibangun depo MRT

BACA JUGA: Anak SD Tewas Tertabrak Busway

Penggusuran terpaksa dilakukan, lantaran proyek angkutan massal berbasis rel itu membutuhkan lahan 1 hektare dari rencana semula 7.000 meter persegi.

"Karena kebutuhan lahan MRT ini, bukan hanya Terminal Lebak Bulus yang tergusur, tapi juga Stadion Lebak Bulus," ujar Walikota Jakarta Selatan, Syahrul Effendi, kemarin (9/2).

Penggusuran stadion untuk memuluskan program Pemprov, sebelumnya juga terjadi di Stadion Menteng, Jakarta Pusat
Stadion tersebut pada era Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, disulap menjadi taman.

Stadion Lebak Bulus yang terletak di antara Pusat Perbelanjaan Poin Square dan Terminal Lebak Bulus itu, merupakan stadion penting penyelenggaraan even sepakbola di Jakarta selain Gelora Bung Karno (GBK)

BACA JUGA: Pelindo II Tolak Usul Pemprov DKI

Salah satunya, pernah menjadi tempat penyelenggaraan Kualifikasi Piala Asia U-16 2008 Grup G.

Stadion dengan kapasitas 12.500 orang itu, juga pernah menjadi markas Persija paska tergusur dari Stadion Menteng
Saat ini, Persija sendiri bermarkas di GBK

BACA JUGA: Jakarta Segera Punya Bendungan Raksasa

Jika Stadion Lebak Bulus digusur, praktis Jakarta hanya akan memiliki stadionMengingat Stadion Kamal yang terletak di Kamal Muara, Jakarta Utara, tidak bisa dimanfaatkan secara optimal.

Sementara itu, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI, Ratiyono, mengaku tengah mencarikan solusi pengganti Stadion Lebak BulusSalah satu usulan yang masuk, adalah di kawasan TB Simatupang, Jakarta SelatanLuasnya sekitar 4,5 hektare.

Namun, pihaknya enggan menjelaskan lebih lanjut di sebelah mana persisnya lahan yang dimaksudYang pasti katanya, lahan berada di area yang bukan daerah pemukimanFasilitas pendukung lainnya seperti renang, dan sarana olahraga lainnya, juga akan dibangun seperti halnya di Stadion Lebak Bulus"Pada 2012 akan dilakukan pembebasan lahannyaSehingga pada 2013 bisa dilakukan pembangunan fisik stadion," ungkapnya.

Meskipun demikian, lahan di TB Simatupang bukan harga matiSejumlah alternatif masih tengah dicari, yang disesuaikan dengan persyaratan pendirian stadionUntuk sementara, hingga stadion baru terbangun, pihaknya menyarankan bagi masyarakat pecinta olahraga untuk bisa memanfaatkan Stadion Ciracas, Jakarta Timur.

Menurut Dirut PT MRT, Tribudi Rahardjo, pembebasan lahan di kawasan depo itu sendiri dilakukan oleh Dinas Perhubungan DKISementara pembebasan lahan di sepanjang koridor MRT, dilakukan oleh Dinas Pekerjaan UmumSaat ini, total lahan yang sudah dibebaskan adalah sebanyak 30 bidangSementara 252 bidang masih dalam tahap negoisasi dengan pemilik lahan.

Ditargetkan, seluruh pembebasan lahan bisa diselesaikan akhir tahun ini"Untuk pembebasan lahan MRT, dalam APBD dialokasikan Rp 300 miliarKami optimistis bisa selesai tepat waktu," ungkapnya.

Sekadar diketahui, rencana penggusuran Stadion Lebak Bulus ini sebenarnya merubah skenario desain MRT sebelumnyaSaat rencana awal, Stadion Lebak Bulus dan Terminal Lebak Bulus memang akan tergusur, lantaran depo MRT membutuhkan lahan yang luasKemudian, muncul desain baru, di mana depo tidak dibangun dengan menggusur terminal atau stadionMelainkan, depo akan dibangun melayang di atas terminal, sementara tiang pancangnya dibangun di luar tanpa mengganggu aktivitas terminalDepo Lebak Bulus sendiri nantinya akan dipakai sekaligus sebagai pusat bengkel kereta MRTTermasuk jika ada kereta yang harus diistirahatkan(aak/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pelebaran Jalur Busway Mangkrak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler