Stadion Lebak Bulus Digusur Akhir 2011

Renovasi Kolam Renang Rp 10 Miliar Selesai Maret 2011 Juga Dibongkar

Jumat, 18 Februari 2011 – 10:01 WIB

JAKARTA - Perluasan stasiun pusat dan depo mass rapid transit (MRT) Lebakbulus yang menggusur Stadion Lebak Bulus sudah dipastikanSebagai pengganti stadion, Pemprov DKI mengkaji tiga lokasi

BACA JUGA: 40 Persen Kapal 30 GT Nganggur

Yaitu, dua lokasi di persimpangan Jalan TB Simatupang dan satu lokasi di Jalan Ampera
Direncanakan, pada akhir tahun stadion tersebut akan dibongkar sehingga pada 2012 pembangunan depo MRT sudah bisa dimulai.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta, Ratiyono, mengatakan, pihaknya mendukung pembangunan MRT sebagai salah satu transportasi masal yang dapat mengurai kemacetan di DKI Jakarta

BACA JUGA: Foke Ingatkan Pengembang Akan Fasos-Fasum

Karena itu, Disorda DKI segera akan mencari dan menentukan lokasi pengganti stadion Lebakbulus


“Pastinya stadion Lebakbulus akan diganti dengan stadion yang baru di wilayah Jakarta Selatan

BACA JUGA: Maret, RTRW DKI Ditargetkan Kelar

Saat ini kita sedang mengkaji beberapa lolasi yang lebih luas dari LebakbulusPastinya fasilitas sepakbola, kolam renang dan squash akan ada di stadion yang baru tersebut,” kata Ratiyono di Balaikota DKI, Jakarta, Kamis (17/2).

Menurutnya, target penggusuran lahan Stadion Lebak Bulus akan dilaksanakan pada akhir 2011 seiring dengan telah ditentukannya lahan baruSedangkan untuk pembebasan lahan akan dilakukan pada tahun 2012 dengan menggunakan anggaran APBD tahun terkaitStadion baru yang luasnya lebih dari 4,4 hektar itu mulai dibangun pada tahun 2013.

“Pembangunan stadion yang baru membutuhkan waktu dua tahunSaat ini kita pelajari ada tiga lokasiKita akan pilih yang terbaikMinimal luasnya sama dengan Lebakbulus atau lebih baik lebih luas lagiPastinya pengganti stadion akan jauh lebih baik dan modern,” ujarnya.

Terkait fasilitas kolam renang yang baru direnovasi dan diserahterimakan pada Maret 2011, Disorda DKI mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki kolam renang di APBD 2011 sebanyak Rp 10 miliar yang merupakan kelanjutan program tahun 2008Selain itu juga telah memperbaiki tribun penonton di Stadion Lebak Bulus yang menghabiskan dana Rp 2 miliar yang merupakan program 2009.

Menurutnya, perbaikan yang dilakukan tidak akan sia-siaPasalnya, sebelum bangunan stadion diratakan, seluruh fasilitas di stadion tersebut akan dioptimalkan penggunaannya“Sampai titik terakhir pembongkaran, seluruh fasilitas, termasuk yang baru direnovasi, akan kami gunakan seoptimal mungkin,” paparnya.

Terkait, pasal 67 ayat 7 Undang-Undang No 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional yang menyatakan pengalihfungsian atau peniadaan prasarana olahraga tanpa rekomendasi menteri dan tanpa izin atau persetujuan dari pihak yang berwenang tidak diperbolehkan, Ratiyono menegaskan pihaknya telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Kita sudah memberitahukan kepada Kemenpora, bahwa aset DKI Stadion Lebakbulus akan kita alihfungsikanPrinsipnya DKI tidak akan menelantarkan atau mengabaikan begitu sajaKita akan mencari lokasi penggantinyaMudah-mudahan mereka paham,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten Kesejahteraan Masyarakat DKI, Mara Oloan Siregar menyatakan paparan DKI terkait pemindahan stadion Lebak Bulus Jakarta Selatan akan dilaksanakan Selasa atau Rabu pekan depan dihadapan Kemenpora“Kami telah mengajukan jadwal paparan ke Kemenpora pada hari Selasa atau Rabu pekan depanKita tunggu saja kabar dari Kemenpora, karena mereka yang menetapkan jadwal pertemuannya,” kata Oloan.

Paparan tersebut, lanjutnya, akan menitikberatkan pentingnya lokasi Stadion Lebak Bulus terhadap pembangunan MRTHal lain yang tercatum dalam paparan tersebut adalah pentingnya peran MRT dalam mengatasi kemacetan ibukotaSelain itu, dalam paparan juga menyertakan serta berbagai lokasi yang menjadi alternatif pengganti dari Stadion Lebak Bulus(pes/aak)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fauzi Bowo Mundur dari NU DKI


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler