Stop Ledakan, Mendagri Terbitkan Edaran

Rabu, 28 Juli 2010 – 22:50 WIB

JAKARTA - Pemerintah terus berupaya agar masalah ledakan tabung gas elpiji kemasan 3 Kg tidak makin meluasSejauh ini pemerintah meyakini salah satu penyebabnya adalah kurang tersoasialisasinya cara penggunaan tabung gas yang aman.

Untuk itu, pemerintah akan menggerakkan sumber daya yang ada sampai tingkat desa, guna mensosialisasikan cara penggunaan tabung gas yang aman

BACA JUGA: Stop Pengangkatan Honorer di Pusat dan Daerah

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan, pihaknya akan segera mengeluarkan surat edaran ke para kepala daerah.

"Karena ada 70 ribu kelurahan, itu unit yang bisa dimanfaatkan dengan sangat untuk sosialisasi bagaimana penggunaan tabung gas yang baik itu," ujar Gamawan Rabu (28/7) sore di Jakarta.

Menurutnya, salah satu cara yang efektif untuk mmencegah ledakan dalam penggunaan tabung gas adalah sosialisasi lewat kegiatan ibu-ibu ataupun melalui Gerakan Pemberdayaan & Kesejahteraan Keluarga (PKK).

"Nanti ke daerah diedarkan (surat edaran Mendagri) supaya didukung oleh para gubernur, bupati, dan walikota, termasuk seperti PKK
Karena PKK ada kelompok-kelompok, jadi kalau ada sekitar 70 ribu desa, ya artinya ada 70 ribu kelompok PKK," sebutnya.

Kapan surat edaran itu akan dikeluarkan? "Secepatnya," jawab mantan Gubernur Sumatera Barat itu.

Sebelumnya saat berbicara di acara Rakernas PKK, Rabu (28/7) pagi, Gamawan mengungkapkan bahwa pihaknya belum dilibatkan oleh Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat dalam sosialisasi penggunaan tabung elpiji

BACA JUGA: Minta Adkasi Bangun Profesionalisme

BACA JUGA: Pemalsu Data Honorer akan Dipolisikan

Padahal, kata Gamawan, Kemendagri bisa menggerakkan upaya sosialisasi itu hingga tingkat kelurahan termasuk dengan melibatkan PKK.

"Saya bilang ke Pak Menko Kesra, kalau Mendagri dilibatkan, Mendagri punya ibu-ibu PKK yang ada sampai ke desa-desa, sampai ke dusun-dusun," ujar Gamawan saat memebrikan sambutannya pada Rakernas PKK yang dihadiri para istri kepala daerah yang menjadi penggerak PKK di daerah masing-masing.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sikat Mafia Bisnis Batubara di Kalsel!


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler