Stop Pengiriman TKW Non Profesional

Kamis, 25 Juni 2009 – 13:23 WIB
JAKARTA- Pemerintah diminta menghentikan pengiriman tenaga kerja wanita (TKW) nonprofesional ke luar negeriKarena, TKW nonprofesional sangat rentan dengan tindakan kekerasan.

“Tindak kekerasan pada TKW di luar negeri dari tahun ke tahun semakin meningkat

BACA JUGA: Gaji ke-13 Pensiunan PNS Cair 29 Juni

Ini karena TKW kita tidak memiliki ketrampilan yang lebih, mereka hanya tahu pekerjaan rumah tangga saja,” kata Yoyo Yusroh, anggota Komisi VIII DPR RI dalam rapat kerja dengan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan (Meneg PP), Kamis (25/6).

Indonesia, lanjutnya, harusnya malu karena mendapatkan devisa besar dari pengorbanan para TKW nonprofesional
“Secara tidak langsung martabat bangsa Indonesia jadi rendah karena lebih mengandalkan TKW yang sebenarnya tidak tahu apa-apa.”

Pengiriman TKW, bisa tetap dilakukan asalkan tenaganya profesional

BACA JUGA: KPK Makin Sudutkan Antasari

Seperti perawat, pekerja pabrik, dan lain-lain
“Kalau perawat yang kita kirim itu malah membanggakan, karena mereka nanti akan mengharumkan nama Indonesia,” tandasnya.

Sementara Meneg PP Meutia Hatta mengatakan, ketika para TKW ini dikirimkan ke luar negeri, itu sudah masuk dalam wilayah Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan (BNPP) Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

BACA JUGA: Jerat Jhony Allen, Hadi Beberkan Bukti Baru

“Meneg PP hanya sebatas melakukan monitoring, tapi kami juga mengajak LSM perempuan untuk aktif memberikan pelatikan pada TKW ini sebelum terjun ke dunia kerja,” kilahnya(esy/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Balik Sudutkan Antasari


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler