Sudah Saatnya UMKM Melek Internet

Rabu, 30 Maret 2016 – 16:56 WIB
Ilustrasi. Foto : Freepik.com

jpnn.com - Geliat industri e-commerce yang makin menjanjikan harus bisa dirasakan semua pihak. Salah satunya para pengusaha UMKM. Sebab, diprediksi hingga akhir tahun 2016 nanti, total nilai transaksi industri e-commerce Indonesia mencapai lebih dari Rp 283 triliun.

Namun sayangnya, hingga kini belum banyak UMKM lokal dari berbagai daerah di Indonesia yang turut berperan aktif. Salah satu penyebabnya adalah belum akrabnya mereka menggunakan fasilitas internet. ”Padahal semua ada di internet. Termasuk bagaimana cara mereka mengembangkan usaha dan produk yang akan dijual. Makanya, kami getol membuat pelatihan tentang melek internet pada usahawan daerah,” kata Ryn Hermawan, co founder indonetwork.co.id.

BACA JUGA: Gaji Tak Seberapa, saat Sakit Bertambah Masalahnya

Ryn menambahkan, peluang meraih kesuksesan dari bisnis di dunia maya cukup besar. Pasalnya dari total transaksi e-commerce yang ada, mayoritas akan disumbangkan oleh segmen B2B.

Hal tersebut akan semakin mudah dengan kolaborasi antara pihak-pihak yang berkepentingan. ”Next step jika teman-teman usahawan daerah sudah melek internet, harus ada dukungan penuh dari pemerintah dan pihak terkait. Dan hal itulah yang sudah kami lakukan saat ini, menjalin kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia. Sebab, belanja online itu kan butuh pengiriman yang tepat dan terpercaya,” jelas dia.

BACA JUGA: Kisah Mbah Tari, Umur Sudah Seabad Lebih Dibiarkan Hidup Sendiri

Gaya hidup masyarakat modern pun kini semakin menunjukkan ketergantungan tinggi pada online shop. Tak terhitung sudah berapa situs berbelanja online yang tumbuh di Indonesia. Sebagai contoh saja, Indonetwork.co.id kini telah memiliki satu juta member yang tergabung dalam komunitas.

”Dengan lebih dari 150 ribu visitor setiap hari atau lebih dari 4,5 juta  visitor per bulannya ke website kami, potensi bisnis yang dapat direalisasikan setiap member sangat besar," jelas Wisnu Purnama Aji, Head of Business Intelligence, Development, and Strategy Indonetwork.co.id. (jpnn/pda)

BACA JUGA: Awas, Jamu Palsu Beredar di Yogyakarta

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Pemuda Merengek ke Hakim karena Ngebet Kawin


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler