Sukses Mengubah Wilayah Kumuh jadi Ekowisata, Bupati Tangerang Panen Penghargaan 

Rabu, 09 November 2022 – 21:54 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berhasil mengubah wilayah yang kumuh dan tertinggal di pesisir menjadi ekowisata. Foto Humas Pemkab Tangerang

jpnn.com, TANGERANG - Pemerintah berupaya menanggulangi kemiskinan ekstrem pada 212 kabupaten dan kota di 25 provinsi. Dari 147 di antaranya berada di wilayah pesisir.

Program penanggulangan kemiskinan ekstrem di wilayah pesisir dilakukan pemerintah dengan fokus pada perluasan pemberdayaan dan peningkatan pendapatan masyarakat.

BACA JUGA: Ganjar Apresiasi Pengelolaan Ekowisata Mangrove Muara Kali Ijo

Hal itulah yang dilakukan selama ini di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Melalui program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan), Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berhasil mengubah wilayah yang kumuh dan tertinggal di pesisir menjadi destinasi wisata dan sumber perekonomian baru bagi masyarakatnya.

"Fokus kami selain membenahi lingkungannya juga meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan pesisir, khususnya Ketapang," kata Bang Zaki di Jakarta, Rabu (9/11).

BACA JUGA: Soal Penghapusan Honorer, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar Bilang Begini 

Kini, daerah yang dahulunya kumuh dan kotor itu berhasil diubah menjadi destinasi wisata Ketapang Aquaculture.

Selain itu, berkat konsistensinya membudidayakan mangrove, saat ini berbuah hasil dengan suksesnya perikanan di wilayah itu dengan udang vaname, bandeng dan lain-lain, juga mencegah abrasi. Padahal, sebelumnya air di sana kotor dan tidak layak untuk perikanan.

BACA JUGA: Bupati Tangerang Berharap UU Cipta Kerja Segera Diterapkan

Keberadaan program itu juga membawa berkah bagi penduduk karena rumah-rumah yang tidak layak huni direlokasi dan diberikan pengganti secara gratis yang lebih layak, tertata rapi disertai berbagai fasilitas.

Tidak lupa sektor pendidikan, kesehatan dan sentra perdagangan juga dibenahi sehingga menggairahkan ekonomi lokal.

Atas kegigihannya membangun kawasan pesisir, Bupati Zaki diganjar penghargaan The Best Regional Leaders untuk kategori Exellence in Coast Urban Design di acara Road to CNBC Indonesia Awards 2022 pada 9 November. 

Sebelumnya,  Zaki juga mendapat  Special Award: The Most Integrated Green Fishery Village, Ecosystem Development in Regency dalam Bisnis Indonesia Logistics Awards (BILA) 2022.

Bupati Tangerang dua periode ini menyebut penghargaan itu menjadi pelecut dirinya untuk terus mengembangkan kawasan pesisir.

"Terima kasih, ini memberikan semangat dan motivasi kami untuk terus membangun desa dan juga pesisir di Kabupaten Tangerang, termasuk desa-desa yang lainnya," ujarnya.

Dikatakannya, selain Desa Ketapang, ada empat desa lagi yang menjadi fokus pembangunan desa pesisir, yaitu Desa Kronjo, Surya Bahari, Tanjung Pasir, dan Marga Mulya yang dibangun menyesuaikan kebutuhan masing-masing wilayah. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler