Suku Bunga Acuan Berpotensi Turun Lagi

Senin, 08 Agustus 2016 – 11:19 WIB
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi kuartal kedua yang melebihi ekspektasi membuat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) berpeluang kembali turun. Agustus-September tahun ini, BI rate diprediksi akan bermain di kisaran 6.5-6.25 persen.

Tren pemangkasan suku bunga mengikuti laju inflasi yang masih terjaga. Penyesuaian tingkat BI rate seiring tingkat pengangguran menurun. Lalu kemudian diikuti daya beli masyarakat meningkat. Dengan demikian, rezim BI rate rendah tidak mustahil dimainkan.

BACA JUGA: Target Rp 165 Triliun dari Tax Amnesty, Baru Dapat Rp 183 Miliar

Sebelumnya, bank sentral melansir pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas ekspektasi. Di mana, dari sisi produk domestik bruto (PDB) bertengger di kisaran 5,18 persen.

Fakta itu jauh melebihi koleksi kuartal pertama di level 4,91 persen. Konsistensi pertumbuhan itu sejalan pertumbuhan ekonomi negara-negara Asia tidak terkecuali Tiongkok.

BACA JUGA: IHSG Masih Uptrend, Ini Prediksi Support dan Resistance

Tinkgkat konsumsi sektor swasta dan publik menguat. Kemudian pertumbuhan fixed investment berjalan moderat dan ekspor barang dan jasa mengalami kontraksi.

 “Secara tahunan pertumbuhan PDB melebihi ekspektasi 4,97 persen dan konsensus lima persen. Ini petunjuk kalau suku bunga masih bisa turun kembali,” tutur Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta akhir pekan lalu.

BACA JUGA: Menteri Budi Minta AP I Gerak Cepat Bangun Bandara Kulonprogo

Perbaikan harga komoditas diikuti akselerasi belanja pemerintah cukup konsisten. Dukungan terhadap pertumbuhan semakin menguat terlepas performa ekonomi global terus memburuk.

Kondisi tersebut memberi gambaran dan peta kalau lonjakan pertumbuhan PDB sepanjang tahun ini bakal berada di kisaran 5,1 persen.

“Secara historis, tren penurunan suku bunga acuan masih akan berlangsung. Paling tidak akan ada pemangkasan suku bunga acuan 25 basis points (bps) lagi,” ramalnya.

Ekonom Grup UOB Ho Woei Chen menyebut pertumbuhan PDB Indonesia itu termasuk konsisten. Maklum, sejauh ini keringanan moneter secara agresif kurang mampu memperkuat pertumbuhan.

Itu dapat diperbaiki dengan regulasi moneter terkait arus masuk dana pengampunan pajak. “Kami memperkirakan akan ada  pemotongan 25 bps pada Agustus atau September,” tambah Ho Woei. (far/jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Laba Cabang Ternate Terus Meroket


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler