Suku Kamoro Bantah Minta Freeport Ditutup

Jumat, 17 Maret 2017 – 17:00 WIB
Lokasi pertambangan PT Freeport Indonesia di Papua. Foto: dokumen Jawa Pos

jpnn.com, TIMIKA - Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) mendukung PT Freeport Indonesia untuk tetap beroperasi kembali.

Dukungan ini sekaligus membantah informasi bahwa pada pertemuan perwakilan Lemasko di Kementerian Energi Sumber Daya Mineral beberapa waktu lalu ada pernyataan Lemasko menginginkan Freeport tutup.

BACA JUGA: Berapa Tenaga Kerja Lokal di PT Freeport? Klik

“Kami atas nama Lemasko mewakili masyarakat Suku Kamoro dari Nakai sampai ke Waripi komitmen mendukung Freeport untuk beroperasi kembali," kata Wakil Ketua I Lemasko, Gerry Okoare dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (17/3).

Lebih lanjut Gerry mengatakan, Freeport telah memberikan dampak positif terhadap pembangunan di Mimika melalui program pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

BACA JUGA: Percayalah, Gaya Freeport Mirip Reinkarnasi VOC

Menurutnya, semua pihak jangan menyalahkan Freeport. Bahkan harusnya bersyukur karena Freeport telah memberikan bayak hal kepada masyarakat Papua, khususnya Amungme dan Kamoro, serta lima suku kekerabatan lainnya.

"Kalau ada yang menyangkal, maka itu bohong dan Tuhan akan marah. Pihak-pihak sepatutnya jangan memanfaatkan momen kekisruhan Freeport untuk kepentingan pribadi," ujarnya.

BACA JUGA: Sejak Freeport Bermasalah, 115 WNA Tinggalkan Mimika

Selain itu ia mengimbau agar menteri ESDM dan Menteri Koordinator Kemaritiman untuk datang langsung ke Mimika, sehingga mengetahui kondisi yang terjadi sekarang ini.

Gerry menambahkan, pembicaraan terkait persoalan Freeport harus dilakukan bersama pemerintah pusat, pemerintah daerah serta masyarakat adat di Mimika sebagai pemilik hak ulayat di Timika.

Polemik kedua belah pihak ini akan berdampak pada masyarakat kecil Mimika yang bergantung pada keberadaan PT Freeport.

“Mari bersama-sama melihat kepentingan masyarakat di daerah ini terhadap permasalah Freeport ini sehingga masyarakat yang ada di daerah ini tidak terkena masalah di kemudian hari,” ungkapnya. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perundingan Pemerintah Dengan Freeport Berjalan Positif


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler