Sultan Punya Gagasan Bawa DPD RI ke Posisi Strategis

Senin, 15 Juli 2024 – 21:43 WIB
Wakil Ketua DPD Sultan Bachtiar Najamudin. Foto: Dokumentasi Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin optimistis bisa membawa lembaga DPD RI menjadi lebih baik lagi. Dia menyampaikan setiap pimpinan dan anggota DPD memiliki semangat untuk mengangkat nama lembaga.

Hal ini disampaikan Sultan menanggapi namanya disebut-sebut sebagai salah satu kandidat potensial untuk menjadi Ketua DPD 2024-2029.

BACA JUGA: Baru 8 Bulan Jabat Ketua DPD Jateng, Elektabilitas Sudaryono Sudah Menyanyingi Lutfhi

"Kami-kami di pimpinan dan seluruh anggota punya semangat untuk membangun dan memastikan lembaga ini lebih kuat, lebih baik pasti di antara itu saya, saya pribadi tentu punya ide, punya gagasan, punya semangat yang mungkin lebih besar dibandingkan dengan tahun-tahun kemarin," kata Sultan saat dihubungi, Senin (15/7).

Senator asal Bengkulu ini meyakini lembaga DPD RI mempunyai posisi dan peran yang jelas.

BACA JUGA: Irman Gusman Bikin Kejutan, Berpeluang Melenggang ke Senayan jadi Anggota DPD Termahal

"Untuk memastikan bahwa ke depan lembaga ini mempunyai positioning yang tepat, mempunyai peran yang lebih maksimal, karena tuntutan dan aspirasi daerah itu begitu deras masuk kepada DPD," ujarnya.

Meski demikian, dia mengaku akan tetap mentaati adanya Tata Tertib (Tatib) DPD RI yang berlaku nantinya. Termasuk soal pemilihan paket pimpinan DPD RI.

BACA JUGA: Yorrys Sebut Anggota DPD RI Kecewa dengan Gaya Pemimpin Otoriter dan Intimidatif

"Iya, jadi begini, jadi saya tetap pada asas saya taat pada aturan, taat pada mekanisme," pungkasnya.

Di sisi lain, sejumlah Anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029 melakukan deklarasi paket pimpinan untuk pemilihan pimpinan DPD RI pada 1 Oktober 2024 mendatang. La Nyalla yang menjadi Ketua DPD RI saat ini kembali didorong melanjutkan kepemimpinannya.

Deklarasi tersebut mendukung empat orang sebagai pimpinan DPD RI periode 2204-2029. Yakni La Nyalla Mattalitti sebagai ketua, kemudian Nono Sampono, Tamsil Linrung dan Elviana masing-masing sebagai wakil ketua.

Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono mengatakan ada lebih dari 90 anggota DPD RI terpilih yang menandatangani deklarasi dukungan paket pimpinan. Nono optimis pemilihan pimpinan DPD RI pada Oktober mendatang akan berjalan secara aklamasi. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lakukan Interupsi, Senator Filep Wamafma Mengkritik Ketua DPD RI Saat Sidang Paripurna, Begini Alasannya


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler