Sultan Tak Hadiri Konvensi Capres DIB

Minggu, 11 Januari 2009 – 12:15 WIB
JOGJA - Ketua Dewan Integritas Bangsa (DIB) KH Salahuddin Wahid menyatakan kecewa atas ketidakhadiran Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam konvensi calon presiden yang digelar DIB di Aula Monumen Jogja Kembali (Monjali) Sabtu (10/1)Pria yang akrab di sapa Gus Sholah itu menyayangkan sikap Sri Sultan yang tidak memberikan alasan jelas.

''Seharusnya beliau memberikan kepastian

BACA JUGA: Pengamat Kecam Pencapresan Laksamana

Mengapa tidak bisa hadir? Kami juga tidak tahu apakah hanya hari ini dia tidak datang atau seterusnya,'' kata Gus Sholah kepada wartawan di sela-sela acara konvensi di Monjali kemarin.

Berbeda dengan Fadel Muhammad, lanjut Gus Sholah, sejak awal sudah memberikan surat yang menyatakan mengundurkan diri dari konvensi capres DIB
''Fadel Muhammad mengundurkan diri dari konvensi calon presiden melalui surat,'' jelasnya.

Fadel yang saat ini menjabat gubernur Gorontalo sebelumnya sempat berhasrat ''mengadu nasib'' lewat konvensi DIB

BACA JUGA: Hanura Mantapkan Kekuatan di Makasar

Tapi, dia mundur secara tertulis sebelum acara di mulai
Tokoh lain yang ikut konvensi adalah kader Golkar Yuddy Chrisnandi, mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli, anak Bung Tomo Bambang Sulistomo, dan Marwah Daud Ibrahim.

Menurut Gus Sholah, konvensi nasional capres DIB akan digelar di 12 kota

BACA JUGA: PDIP Pastikan Sudah Kantongi Nama Cawapres

Dalam konvensi itu, sang capres tidak dipungut biaya alias gratis''Tidak dipungut biaya alias gratisKami hanya memfasilitasi ke daerah-daerah sajaTapi, akomodasi ditanggung mereka sendiri,'' terang mantan cawapres pasangan capes Wiranto pada Pemilu 2004 itu.

Gus Sholah menjelaskan, seorang capres tidak hanya dipilih dalam waktu sesaatTetapi, pemilih bisa mengetahui visi, misi, dan program-program kerja yang ditawarkan sejak dini''Tujuan konvensi ini untuk memperkenalkan para calon kepada masyarakatDengan demikian, rakyat tahu siapa yang bakal dipilih,'' papar pengasuh Ponpes Darul Ulum, Tebuireng, Jombang, itu.

Dalam konvensi tersebut, tiga calon akan dipilihKemudian, calon tersebut ditawarkan kepada partai-partaiGus Sholah mengatakan, hingga saat ini belum ada satu pun partai politik yang berminat menggandeng DIB''Saat ini parpol memang belum melirik,'' jelas cucu pendiri NU KH Hasyim Asy'ari itu.

Pemaparan visi, misi, dan program kerja dimulai dari peserta konvensi capres Bambang Sulistomo, diteruskan Marwah Daud Ibrahim, kemudian Rizal Ramli, dan terakhir Yuddy ChrisnandiRizal Ramli yang datang belakangan dalam pidatonya menjelaskan menjadi capres tidak harus menyandang bintang empat.

''Tidak perlu bintang empatYang penting punya leadership kuat dan itu bisa dari sipil,'' kata mantan menteri perekonomian era KH Abdurrahman Wahid. (mar/kus/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Empat Kriteria Survey


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler