Sumut Dirancang jadi Klaster Aluminium Terbesar

Jumat, 01 November 2013 – 21:38 WIB

jpnn.com - JAKARTA--Pemerintah Indonesia akan menyiapkan Provinsi Sumatera Utara sebagai klaster aluminium terbesar dalam negeri, sekaligus terbesar di Asia Tenggara.

Hal ini diupayakan setelah PT. Inalum secara resmi telah menjadi milik Indonesia setelah sebelumnya dipegang oleh Nippon Asahan Aluminium (NAA) milik Jepang.

BACA JUGA: Dahlan Iskan Minta Pemprov Sumut Siapkan Dana Besar untuk Inalum

"Ada keinginan pemerintah nantinya akan melakukan ekspansi. Pemerintah ingin menjadikan Sumatera Utara menjadi sebuah klaster aluminium dimana proses hilirisasi, downstream dari industri ini bisa berlangsung di sana," ujar Menteri Perindustrian MS. Hidayat di kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat, (1/11).

Selama ini, Inalum mengekspor aluminium dan pengolahannya dilakukan di Jepang dan negara lainnya. Namun, nantinya, pemerintah ingin pengolahan aluminium akan dilakukan di wilayah Sumut. Sehingga, Indonesia tidak perlu lagi hanya mendapat produk turunan dari Jepang, melainkan berasal dari buatan sendiri.

BACA JUGA: Pengalihan Inalum Terganjal Persoalan Kompensasi

"Kita ingin down stream itu dilakukan di Indonesia. Itu salah satu keuntungan kita yang tentu akan memberikan kontribusi bagi percepatan pertumbuhan ekonomi nasional," tegas Menperin.

Dalam waktu dekat, tutur Hidayat, pemerintah akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk mengganti direksi Inalum. Menperin berjanji bahwa jabatan-jabatan strategis di Inalum akan diisi oleh putra dan putri bangsa yang berkualitas dan berprestasi di bidangnya masing-masing. (flo/jpnn)

BACA JUGA: NAA Langsung Serahkan Aset Inalum

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mayoritas BUMN Sudah Daftar BUMN Bersih


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler