Surat Suara Pilpres Lebih Praktis

Jumat, 05 Juni 2009 – 10:02 WIB
SURAT SUARA PILPRES- Anggota KPU Andi Nurfati, menunjukkan contoh surat suara Pilpres 2009 di KPU Pusat, Jakarta, Kamis (4/6). Surat suara tersebut akan digunakan pada Pilpres 8 Juli mendatang. Foto: UKON FURKON SUKANDA/INDOPOS.
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kamis (4/6) merilis ukuran surat suara untuk pilpresSurat suara tersebut tak bakal sebesar kertas koran seperti saat pemilu legislatif lalu

BACA JUGA: JK-Wiranto Nilai Survei LSI Subyektif

Desainnya lebih kompak dan praktis

 
Anggota KPU Andi Nurpati Baharuddin mengatakan, surat suara tersebut berukuran 23 x 27,5 sentimeter

BACA JUGA: Selain SBY-Boediono, Yang Lain Dianggap Latihan Capres

Apabila dilipat, ukurannya menjadi 9 x 11,5 sentimeter
Ukuran kertas suara ini sepertujuh dari luas surat suara pileg yang berukuran 54 x 84 sentimeter itu

BACA JUGA: Buya Syafii Sahabat Megawati?


 
"Ukurannya sudah tetapTidak bisa diubah lagi," ujarnya ketika ditemui di Kantor KPU di Jakarta, Kamis (4/6)
 
Desain surat suara itu, lanjut Andi, divalidasi paling lambat 6 JuniKPK akan mengundang semua tim sukses pasangan calon untuk menetapkan desain surat suara tersebutMulai foto, warna, hingga nomor urut pasangan calon.
 
Untuk sementara, foto pasangan calon memang masih berubah-ubahSebelumnya, foto semua pasangan calon menggunakan jas, kecuali MegawatiNamun, Kamis berubahJK-Win mengenakan kemeja biru muda, sedangkan SBY-Boediono tetap berjas.
 
"Perubahan ini dari mereka (pasangan calon, Red)Foto-foto itu juga dari merekaKami tinggal memasang," ujar Andi lantas menunjukkan daftar calon tetap (DCT) yang sudah dicetakPada DCT itu, hanya SBY, Boediono, dan Prabowo yang mengenakan jasJK dan Wiranto lebih santai dengan kemeja
 
Jika desain surat suara sudah ditetapkan, KPU segera mencetaknyaApalagi, daftar pemilih tetap (DPT) juga sudah diputuskan lembaga pimpinan Abdul Hafiz Anshary itu pada Minggu (31/5).(aga/tof)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bupati Kampanye, Jangan Kerahkan Pegawai


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler