Survei Cawapres: Ridwan Kamil Tertinggi, Andika Perkasa Bersaing

Selasa, 30 Mei 2023 – 03:01 WIB
Survei terbaru cawapres yang dilakukan Populi Center. Dok: tangkapan layar YouTube POPULI CENTER CHANNEL.

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Populi Center merilis hasil jajak pendapat terbaru terkait sosok bakal cawapres 2024.

Hasilnya, elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau RK tertinggi dan disusul oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

BACA JUGA: Bara API Tawarkan Andika Perkasa Jadi Capres Koalisi Besar

Peneliti Populi Center Rafif Pamenang Imawan mengatakan pihaknya memberikan pertanyaan semi terbuka terkait cawapres kepada para responden.

Adapun pertanyaannya, 'jika tokoh-tokoh ini maju sebagai cawapres pada 2024 nanti, siapakah yang akan Anda pilih untuk menjadi wakil presiden?'

BACA JUGA: Andika Perkasa Tidak Rasis dan Punya Rekam Jejak Bagus, Pantas Menjadi Presiden 2024

"Hasilnya Ridwan Kamil tertinggi 19,3 persen, disusul Sandiaga Uno 16,5 persen, Erick Thohir 10,4 persen, Mahfud MD 9,3 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 8,8 persen, dan Anies Baswedan 7,6 persen," kata dia di Mampang, Jakarta Selatan, Senin (29/5).

Selanjutnya ada tokoh lainnya yang bersaing dan mendapat persentase di bawah lima persen, yakni mantan Panglima TNI Andika Perkasa hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

BACA JUGA: Airlangga Hartarto Bakal Diuntungkan Isu Ekonomi di Bursa Cawapres

"Andika Perkasa 4,1 persen, Gibran Rakabuming Raka 3,8 persen dan Khofifah Indar Parawansa 3,6 persen," ucapnya.

Diketahui survei tersebut digelar pada periode nasional mulai 4 hingga 12 Mei 2023.

Sampel responden tersebar secara proporsional di 38 provinsi di Indonesia, termasuk di empat daerah otonomi baru yaitu Papua Tengah, Papua Barat Dava, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling).

Adapun margin of error 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Proses wawancara tatap muka dilakukan dengan menggunakan aplikasi survei Populi Center. (cuy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bursa Cawapres Ganjar Menghangat, PDIP-PPP Pertimbangkan 10 Nama


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler