Survei Median: Elektabilitas Amar-Hanipah Unggul di Pilkada Sumbawa Barat

Kamis, 05 September 2024 – 09:14 WIB
Ilustrasi - Peneliti senior Median Ade Irfan Abdurrahman. Foto: ArsipJPNN

jpnn.com - Media Survei Nasional (Median) menyatakan elektabilitas pasangan Amar Nurmasnyah dan Hanipah Musyafirin (Amar-Hanipah) unggul sementara dari pasangan calon (paslon) lain di Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat.

Peneliti Median Ade Irfan Abdurrahman menyebut elektabilitas pasangan Amar-Hanipah menduduki peringkat pertama dengan angka 35,8 persen.

BACA JUGA: Begini Hasil Survei INSTRAT Soal Tokoh Populer Menjelang Pemilihan Wali Kota Solo

Sementara itu, elektabilitas paslon lain, yakni Fud Syaifuddin-Aheruddin tercatat 26,7 persen,  Nur Yasin-Sumardhan 8,8 persen, dan Ahmad Salim-Muhammad Nasir 2,4 persen. Sementara, responden yang tidak menjawab sebesar 26,4 persen.

Secara personal, katanya, elektabilitas Amar Nurmasnyah dan Hanipah Musyafirin juga unggul dibanding kandidat lainnya di Pilkada Sumbawa Barat.

BACA JUGA: Siswi SMP Diperkosa dan Dibunuh 4 Remaja di Kuburan Cina, Polisi Ungkap Motif

Menurut Ade, elektabilitas calon bupati Amar Nurmasyah bertengger di peringkat pertama dengan 35,4 persen, disusul Fud Syaifudin 27 persen, Nur Yasin 8,8 persen, Ahmad Salim 2,4 persen, dan 26,4 persen tidak menjawab.

"Untuk elektabilitas calon wakil bupati, nama Hanipah Musyafirin berada di peringkat pertama dengan 30,1 persen, Aheruddin 26,7 persen. Sumardhan 6,1 persen, Muhammad Nasir 4,1 persen. Sedangkan 33 persen tidak menjawab," katanya dikutip dari siaran pers, Kamis (5/9.2024).

BACA JUGA: Profil Faisal Basri, Ekonom Vokal Pernah Jadi Sekjen PAN, Pengorek Kasus Petral

Ade Irfan menyebut keunggulan pasangan calon (paslon) Amar- Hanipan tidak terlepas dari tingginya popularitas mereka dibandingkan kandidat lain yang akan maju dalam Pilkada Sumbawa Barat.

"Ketika kami tanyakan kepada para responden, dengan menyebutkan beberapa nama tokoh, ternyata nama Amar Nurmansyah berada di peringkat teratas dengan 90,8 persen orang mengenalnya," ujar Ade.

Kemudian, Fud Syaifuddin 86 persen, Hanipah Musyafirin 81,8 persen, Aheruddin 74,3 persen, Nur Yasi 70,3 persen, Muhammad Nasir 59,1 persen, Ahmad Salim 36,8 persen, dan Sumardhan 36,5 persen.

Dari sisi top of mind sebagai calon bupati serta calon wakil bupati Sumbawa Barat, Amar dan Hanipah masing-masing juga unggul dibanding tokoh-tokoh lainnya.

Amar Nurmansyah menempati peringkat pertama dengan 30,7 persen, disusul Fud Syaifuddin 25,7 persen, M. Nur Yasin 7,8 persen, Ahmad Salim 1,4 persen, Aherudin 0,7 persen, Muhammad Nasir 0,3 persen, dan 33,5 persen menjawab tidak tahu.

Dari sisi top of mind calon wakil bupati Sumbawa Barat, nama Hanipah Musyafirin masih berada di peringkat pertama dengan 29,7 persen. Disusul Aheruddin 26,4 persen, Sumardhan 5,4 persen, Muhmmad Nasir 2,4 persen, Fud Syaifudin 0,3 persen, Ahmad Salim 0,3. Sedangkan yang tidak menjawab 35 persen.

Survei Median dilakukan pada 10-18 Agustus 2024 terhadap 800 responden warga Sumbawa Barat yang memiliki hak suara.

Adapun sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi.

Hasil survei ini menunjukkan dinamika politik yang terjadi selama masa pengambilan data.(fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler