Survei Terkini: PDIP Paling Diunggulkan Jelang Pemilu 2019

Kamis, 03 Mei 2018 – 22:35 WIB
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto: dokumen JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) memperlihatkan PDI Perjuangan menjadi partai yang paling diunggulkan jelang Pemilu 2019. Elektabilitas partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu mencapai 27,7 persen.

Menurut Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi, elektabilitas PDIP jauh melampaui partai-partai peserta Pemilu 2019 lainnya.

BACA JUGA: Ini Hasil Survei Jika Anies atau Gatot Tantang Jokowi

“Kami melakukan simulasi semi terbuka daftar 15 nama partai. Pada responden kami tanyakan partai atau calon anggota DPR dari partai mana yang akan dipilih jika pemilu dilaksanakan saat ini. Hasilnya, mayoritas responden memilih PDI Perjuangan,” ujar Burhanuddin saat merilis hasil survei di kantor IPI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/5).

Di bawah PDIP, kata Burhanuddin, terdapat Partai Gerindra (11,4 persen), Golkar (8 persen), Demokrat (6,6 persen) dan PKB (5,8 persen). Kemudian disusul Perindo (4,6 persen), PKS (4 persen), PPP (3.5 persen), NasDem (2,7 persen) dan PAN (1,9 persen).

BACA JUGA: Survei Terbaru: Elektabilitas Jokowi Tetap Tertinggi

“Partai lain hanya dipilih kurang dari 1 persen. Sementara itu sekitar 21,6 persen responden masih belum memilih partai," ucapnya.

Lebih lanjut, Burhanuddin mengatakan, elektabilitas PDIP menguat dari hasil sebelumnya pada survei yang dilakukan IPI September 2017 lalu. Saat itu elektabilitas partai berlambang banteng moncong putih hanya 24,2 persen.

BACA JUGA: Survei Terkini: AHY Paling Berpeluang jadi Cawapres Jokowi

Demikian juga dengan Partai Gerindra, elektabilitasnya menguat dari sebelumnya yang hanya 10,3 persen.

"Sementara Partai Golkar terus melemah. Pada Agustus 2016 elektabilitas partai ini mencapai 16,1 persen. Pada September 2017 turun menjadi 12 persen dan kembali turun pada Maret 2018 menjadi 8 persen," katanya.

Sementara itu untuk Partai Demokrat, elektabilitasnya kata Burhanuddin juga melemah. Pada September 2017 lalu mencapai 8 persen. Turun menjadi 6,6 persen pada Maret 2018.

"PPP juga sedikit turun. Sebelumnya (September 2017) 4,6 persen. Sementara PKS meski landai tapi trennya positif, Perindo menguat, dan partai lain fluktuasinya lebih rendah," pungkas Burhanuddin.

Survei IPI dilaksanakan pada 25-31 Maret 2018 lalu dengan jumlah sampel 1200 responden. Margin of error lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling.

Populasi survei warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam Pemilu 2019. Yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Misbakhun Pengin RI Punya UU Konsultan Pajak, Ini Alasannya


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler