Susi Terbaik, Faktor Media dan Gebrakan Perubahan

Kamis, 05 Februari 2015 – 18:48 WIB
Susi Pudjiastuti. Foto:

jpnn.com - JAKARTA--Survei Lembaga Klimatologi Politik (LKP) terkait kinerja Kabinet Jokowi-JK dalam perspektif politik dan media menunjukkan, Susi Pudjiastuti adalah menteri berkinerja paling baik.

Dari 34 menteri, Menteri Perikanan dan Kelautan itu mendapatkan rangking teratas dengan nilai 62,6 persen.

BACA JUGA: Omongan Junimart Sekelas Menteri Tedjo, Coreng Muka Jokowi

CEO LKP Usman Rachman mengungkapkan, tingginya volume pemberitaan media termasuk sentiment positif di media maupun publik karena dipengaruhi oleh empat faktor.

Pertama, kehebatan strategi media dari menteri dan kementeriannya. Kedua, kinerja yang memang benar-benar baik dari para menteri bersangkutan.

BACA JUGA: Menteri Susi Minta Pengusaha Restoran Seafood Pengertian

Ketiga, kreativitas dalam meluncurkan ide-ide perubahan yang orisinil. Dan keempat, faktor latar belakang atau trade-record dari menteri yang bersangkutan.

"Dalam kasus berkibarnya popularitas Menteri Susi baik di media maupun di mata publik merupakan kombinasi dari faktor pertama (strategi media) dan faktor ketiga (ide perubahan).

BACA JUGA: Teratas Menteri Susi, Disusul Yuddy

Menteri Yuddy Chrisnandi mendapatkan posisi keenam dengan tingkat kepuasan publik sebesar 49,1 persen.

Khusus Yuddy, sentiment positif yang muncul yaitu dari ide-ide perubahan yang orisinal, misalnya kebijakan pelarangan rapat bagi instansi pemerintah di hotel," beber Usman dalam pemaparan hasil survei LKP di Jakarta, Kamis (5/2).

Dia berharap kinerja para menteri yang akan datang juga bisa lebih maksimal lagi. Karena masih ada juga beberapa menteri yang mendapat nilai buruk seperti Menkopolhukam Tedjo Edy Purdijatno, Menteri BUMN Rini Sumarno, Menhub Ignatius Jonan, Mendagri Tjahyo Kumolo,  dan Menkumham Yasonna H. Laoly. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tim 9 pun Tekan Jokowi tak Lantik BG


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler