Susun Cetak Biru Libatkan Seniman

Rabu, 19 Oktober 2011 – 22:42 WIB

JAKARTA--Wiendu Nuryanti yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Kebudayaan ditarget untuk dapat menyelesaikan penyusunan cetak biru mengenai program kerja bidang kebudayaan hingga akhir 2011 mendatang.

Menurutnya, cetak biru yang akan disusun tersebut merupakan suatu hal yang sangat penting untuk memetakan permasalahan dengan sangat rinciSelain itu, cetak biru ini juga akan berisi kebijakan sampai dengan 20 tahun ke depan dan menjadi pedoman bagi semua langkah-langkah pembangunan kebudayaan di Indonesia.

“Misalnya di bidang pilar karakter itu

BACA JUGA: Bangun Budaya dengan Lima Pilar

Bagaimana membangun karakter berpikir positif, gotong royong, saling menghargai, dan lain sebagainya
Seperti apa programnya, kampanyenya, kurikulumnya, dan lain-lain,” ungkap Wiendu di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (19/10).

Wiendu menambahkan, pada tahun 2012 yang paling penting untuk dilakukan adalah pembentukan karakter dan sumber daya manusia (SDM)  kebudayaan

BACA JUGA: Musliar Rancang Lulusan Sekolah Siap Kerja

Ia menilai, SDM kebudayaan yang ada saat ini tidak mampu berkompetisi dengan dunia luar
“Contohnya, penerjemah bahasa

BACA JUGA: Mendikbud Paparkan Dua Agenda Kementrian

Kalau mau kerja di luar negeri, kan perlu sertifikasiTapi ternyata masih banyak yang belum bisa memenuhi persyaratan itu,” tukasnya.

Cetak biru tersebut ditarget selesai akhir tahun 2011 iniBahkan, dalam waktu dekat, pemerintah juga akan menggelar rembug budaya dengan para seniman, budayawan, dan lain-lain“Nantinya itu semua akan dirangkum menjadi cetak biru supaya bisa menjadi payung sehingga arah kebijakannya jelas mau kemana,” ujarnya(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mendikbud Paparkan Dua Agenda Utama


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler