Tabrak Karang, MV Marina Kandas

106 Penumpang Selamat

Jumat, 25 Juni 2010 – 13:11 WIB

BATAM- Kapal MV Marina 01 kandas di perairan daerah Pasai, Kabupaten Moro setelah menabrak karang, Kamis (24/6) sekitar pukul 9.50 WIBTidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, seluruh penumpang dinyatakan selamat.

"Penumpang sebanyak 106 orang selamat, berikut harta benda mereka setelah kita lakukan evakuasi menggunakan kapal MV Marina 10," ujar Kepala Operasional PT Marina Gema Nusa, Fauzi kepada Batam Pos (JPNN Grup) di Sekupang, Kamis (24/6).

Fauzi mengatakan, kapal yang dinakhodai M Sanusi dengan tujuh ABK tersebut hanya menyenggol karang setelah dihempas gelombang kuat dan mengakibatkan plofeller dan sapnya rusak dan baling-baling bengkok

BACA JUGA: Polda Kaltim Janji Serius Usut Kasus HLPN

"Kecepatan kapal akhirnya berkurang dari 20-25 knot menjadi 10 knot
Khawatir penumpang cemas, makanya kita segera kirim MV Marina 10 mengevakuasi," ujar Fauzi.

Sebelumnya, kapal tersebut berlayar dari Tanjung Guntung menuju Tanjung Batu

BACA JUGA: TKI Diperkosa, Lapor ke Kedutaan Tak Dilayani

40 menit setelah berlayar, musibah terjadi sehingga penumpang yang didominasi Tionghoa tersebut pun harus dievakuasi melalui terminal B kedatangan pelabuhan Domestik Sekupang.

Sementara itu, para penumpang yang dijumpai usai turun menyatakan sempat panik dan kaget karena tiba-tiba kapal yang mereka tumpangi terhempas dan berhenti sementara suara mesin makin kuat.

"Saya lagi tertidur langsung kaget
Tapi ABK bilang supaya tenang dan tetap duduk di tempat, ya sudah saya duduk saja

BACA JUGA: Berseteru, 4 Gajah dan 6 Warga Tewas

Meski banyak penumpang yang mulai riuh dan panikAnak-anak sempat menangis," ujar salah seorang penumpang David.

Sementara saksi mata yang ditemui saat di pelabuhan mengatakan tidak ada kepanikan dan raut muka sedih dari seluruh penumpang yang dievakuasi ketika mereka sampai di pelabuhan domestik sekitar pukul 12.45 WIB kemarin"Biasa-biasa saja, wajahnya tidak tegangCuma ada yang mengeluh sambil bilang "masa nakhoda tabrak pasir, baling-baling nyangkut, yang benar saja," ujar Joko.

Lebih lanjut Fauzi mengatakan, selama empat hari kedepan, MV Marina 01 satu akan diistirahatkan untuk menjalani proses perbaikan dan docking di Tanjung Uncang.

Selain itu terkuak, kapal jenis feri ini daya angkut maksimalnya hanya 90 orang, namun saat kejadian seluruh penumpang berjumlah 106 orang"Itu termasuk anak-anak, jadi tidak apa-apa," ujar Fauzi. (cha/BTM)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Minta Siaran Piala Dunia, Warga Ancam Demo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler