Tahanan di Mako Brimob Tak Terusik

Rabu, 17 Juni 2009 – 17:23 WIB

JAKARTA - Ruang simulasi unit penjinak bahan peledak (jihandak) di markas komando (mako) Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat sekitar pukul 02.20 Wib Rabu dinihari (17/6) meledakSuara ledakan terdengar hingga radius 5 Km

BACA JUGA: Jaksa Agung Minta Djoko Tjandra Kooperatif

Namun Mabes Polri menyebut ledakan itu bersifat low explosive (berdaya ledak rendah)


Lokasi ledakan hancur lebur dan tembok gudang simulasi nyaris tak terlihat lagi

BACA JUGA: Diganjar 4,5 Tahun, Besan SBY Banding

Atap gedung juga hilang dan puing-puing bangunan berserakan
Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam ledakan itu

BACA JUGA: Juli, BPK Audit Dana Dekonsentrasi

Para tahanan di Mako Brimob pun dinyatakan aman sekalipun paska ledakan terjadi kebakaran hebat

Akibat peristiwa itu, petugas sempat menutup akses masuk ke Brimob, Kelapa DuaWarga sekitar menyebut, ledakan terjadi hingga beberapa kali, bahkan ada yang menyebut empat ledakan beruntunwarga sempat mengira ada perang di Mako Brimob

Menanggapi perstiwa itu, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri menegaskan bahwa ledakan yang berujung pada kebakaran itu diakibatkan hubungan arus pendek"Itu murni akibat arus pendek, bukan kelalaian dan lain-lain," ujarnya.

Sedangkan Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen (pol) Abubakar Nataprawira menyebutkan, ledakan bukan berasal dari gudang peluru, melainkan di ruang simulasi jihandak”Ruang simulasi saja yang meledak, tidak melebar ke ruangan lainItu sudah diatasi,” paparnya.

Abubakar meyakinkan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu”Tak ada korban jiwa, semua tahanan aman, karena memang ruang yang meledak itu agak jauh lokasinya dengan ruang tahanan,” tandasnya.

Ruang berukuran 5x20 meter itu merupakan bangunan tuaDi ruangan tempat latihan itu terdapat berbagai alat peraga, termasuk campuran mercon dan bahan latihan lain.

Bagaimana nasib para tahanan? ”Ruang tahanan berbeda dengan ruang simulasi yang meledakSemua tahanan amanSaya belum cek lagi berapa jumlah tahanan disana saat ini, tapi saya sudah mendapat laporan bahwa semua tahanan aman,” papar Abubakar.

Pejabat Rutan Brimob meyakinkan tak ada masalah dengan tahanan terkait ledakanRutan tak tersentuh oleh ledakanRutan Brimob memang terletak di kompleks Brimob, namun ledakan terjadi di markas gegana, lokasinya di belakang kompleks BrimobRutan Brimob terletak dekat masjid kompleks BrimobLetak rutan dan ruang simulasi jihandak berjarak hingga beberapa ratus meter, dipisah oleh beberapa gedung dan beberapa jalan dalam kompleks, jalan dalam kompleks lebarnya rata-rata sekitar 3 meter.(gus/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BPK: LK Lapindo Baik-baik Saja


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler