Tak Ikut Tren Gabung Partai, PDS Siap Daftar Verifikasi

Senin, 02 Mei 2011 – 06:46 WIB

JAKARTA - Jumlah partai yang ingin berpartisipasi di pemilihan umum 2014 terus bertambahPartai Damai Sejahtera (PDS), salah satu muka lama di pemilu nasional siap mendaftarkan diri untuk mengikuti verifikasi di Kementrian Hukum dan HAM.
 
"Sekarang kita sedang persiapkan kepengurusan di daerah

BACA JUGA: Mandi Peluh Bersama Buruh

Pada intinya kami siap," kata Sahat Sinaga, Sekretaris Jenderal DPP PDS usai diskusi di Galeri Cafe, Cikini, Jakarta, Minggu (1/5).
 
Menurut Sahat, pencapaian PDS di pemilu 2009 sejatinya tidaklah buruk
Jika dihitung secara nasional, PDS berada di urutan ke-11 dari 38 parpol peserta pemilu

BACA JUGA: Treshold Tinggi Tak Hanguskan Suara Pemilih

Dengan torehan 1,48 persen, PDS hanya satu tingkat di bawah Partai Bulan Bintang yang ketika itu meraih 1,79 persen suara
"Ada 19 juta suara yang didapat PDS, tapi semuanya tidak terwakili di DPR," klaim Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia itu.
 
Perolehan itu, memungkinkan PDS berkontribusi banyak di sejumlah DPRD provinsi

BACA JUGA: Pengacara Bonaran Surati Panglima TNI

Beberapa DPRD provinsi seperti Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Papua merupakan tempat wakil rakyat PDS bekerja"Di situlah lumbung suara kami," kata Sahat.
 
Hal itulah, lanjut dia, yang membuat PDS tidak terbersit untuk ikut dalam tren penggabungan partai"Kami punya konstituen khusus, hanya tinggal memperbaiki sejumlah daerah saja," ujarnya.
 
Dengan konsep partai yang fokus pada pemilih nasrani, PDS harus berusaha keras meraih suara di provinsi lainDiakui oleh Sahat, ada beberapa provinsi selama ini menjadi kelemahan PDS dalam perolehan suara."Di Aceh, Kalimantan Selatan, NTB, Sulawesi Utara, kami memang lemah," kata Sahat.
 
Karena itulah, fokus PDS saat ini memperkuat kepengurusan dan kaderisasi di beberapa provinsi ituSahat menyatakan, jika di daerah lain cukup ditangani DPW, di provinsi-provinsi tersebut DPP juga turun tangan"Kami terjun langsung membenahi, saat ini hasilnya sudah 75 persen," ujarnya yakin.

Salah satu kendala dalam proses kepengurusan, kata Sahat, terjadi di tingkat kecamatanAcapkali camat di suatu daerah sulit untuk mengeluarkan surat keterangan keberadaan kepengurusan partaiIni karena sosialisasi dari Kementrian Dalam Negeri yang terhambat"Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) dari Kemendagri sering tidak diterima, ini yang menghambat," tandasnya.
 
Dia menargetkan pada bulan Juni, PDS siap melengkapi syarat kepengurusan di seluruh tingkatan"Akhir bulan Mei kami akan sampaikan kesiapan kami," tandasnya.(bay/pri)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengamat Yakin Plt Ketua Golkar Sumut Netral


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler