Tak Pernah Lagi Unggah Kegiatan di Instagram, Kaesang Pangarep Menghilang?

Rabu, 04 September 2024 – 19:25 WIB
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep beberapa waktu tak tampak di media sosial setelah mencuat isu gratifikasi akibat terbang dengan menggunakan jet pribadi alih-alih pesawat komersil.

Ditelusuri ke akun Instagram Kaesang, Ketua Umum PSI itu terakhir mengunggah foto beberapa minggu yang lalu tepatnya pada saat HUT RI 17 Agustus 2024.

BACA JUGA: TPDI Sarankan KPK Cekal Kaesang dan Istrinya, Ini Alasannya

Unggahan itu merupakan unggahan kolaborasi bersama istrinya Erina Gudono. Keduanya mengenakan baju adat Mentawai saat upacara 17 Agustus di IKN.

“Memakai Baju Adat Mentawai Sumatra Barat dan Bugis Makassar pada Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia,” tulis Erina di akun Instagram miliknya bersama Kaesang.

BACA JUGA: Roy Suryo Memuji Paus Fransiskus, Lalu Sindir Kaesang dan Erina

Setelah unggahan tersebut, tak nampak lagi unggahan lainnya. Padahal sebelumnya, Kaesang dan Erina cukup aktif membagikan kegiatan sehari-hari melalui unggahan dan story Instagram.

Keduanya mulai tak aktif lantaran diserang warganet akibat Erina mengunggah membeli roti seharga Rp 400 ribu dan belanja perlengkapan bayi di luar negeri.

BACA JUGA: Mendadak Menghilang, Kaesang Ternyata Sudah di Kota Ini

Kaesang dan Erina juga ketahuan menaiki jet pribadi untuk bepergian keluar negeri dari unggahan story Instagram Erina.

Setelah itu, warganet ramai-ramai mencari jejak penggunaan jet pribadi oleh Kaesang dan istrinya.

Ujungnya, KPK pun sedang menyiapkan surat undangan kepada Kaesang Pangarep untuk mengklarifikasi dugaan gratifikasi yang ramai diperbincangkan di media sosial.

"Suratnya sedang dikonsep, surat undangan," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (30/8).

Alex mengatakan bahwa pihak Kaesang juga bisa mendeklarasikan sendiri soal isu yang dialamatkan kepada mereka, dan menjawab langsung berbagai pertanyaan dari publik seputar isu tersebut.

"Sebelum mengundang, kadang-kadang dari pihak yang akan kami klarifikasi itu sudah mendeklarasikan terkait dengan berita yang ada di tengah masyarakat. Baik juga buat yang bersangkutan, apakah itu nanti akan menghentikan klarifikasi yang dilakukan KPK atau tidak, tentu sesuai dengan kebutuhan dari Kedeputian Pencegahan dan Monitoring," ujarnya.

Diingatkan oleh Alexander agar deklarasi tersebut tetap dilengkapi dengan dokumen-dokumen pendukung yang sah.

Dalam kesempatan lain, Sekretaris Jenderal DPP PSI Raja Juli Antoni mengatakan Kaesang sudah berada di Jakarta sejak 28 Agustus lalu.

“Mas Kaesang Pangarep sudah berada di Jakarta sejak 28 Agustus 2024, pagi hari. Siangnya setelah salat zuhur, Mas Kaesang langsung bergabung di DPP PSI,” ucap Raja Juli dalam keterangannya, Selasa (3/9).

Kehadiran Kaesang itu untuk memimpin rapat koordinasi finalisasi dukungan Pilkada dan menandatangani berkas-berkas rekomendasi.

“Hampir setiap hari setelah 28 Agustus 2024, Mas Kaesang ngantor di DPP PSI,” jelas Raja Juli. (mcr4/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kaesang Tak Bisa Mengelak soal Jet Pribadi, Ketua KPK: Kaitannya ke Situ


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler