Tak Pikir Gelar Top Scorer

Senin, 20 Desember 2010 – 06:27 WIB
Selebrasi Christian Gonzales usai merobek jala Filipina di semifinal AFF Suzuki CUP 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 19 Desember 2010. FOTO : HENDRA EKA/JAWA POS

JAKARTA -- Indonesia tak hanya berpeluang menjadi juara Piala AFF kali pertamaTetapi, anggota Pasukan Garuda, julukan timnas Indonesia, juga berpeluang mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak (top scorer) di ajang dua tahunan yang mulai dihelat pada 1996 itu

BACA JUGA: Trofi Juara di Depan Mata



Hingga menjelang babak akhir, belum ada satu pun pemain yang mendominasi daftar pencetak gol
Terbanyak saat ini adalah penyerang Indonesia Christian Gonzalez dengan tiga gol

BACA JUGA: Piala AFF Bakal Hadirkan Juara Baru

Sementara 14 pemain mencetak dua gol dan Indonesia menyertakan lima pemainnya
Yaitu, Irfan Bachdim, M

BACA JUGA: Akhirnya Garuda Menukik ke Final

Ridwan, Arif Suyono, Firman Utina, dan Bambang Pamungkas.

Selebihnya berasal dari Malaysia (tiga pemain), Thailand (satu pemain), Singapura (satu pemain), Vietnam (tiga pemain), dan Filipina (satu pemain)Peluang pemain Indonesia meraih gelar top scorer semakin terbuka setelah memastikan lolos ke partai puncakFirman dkk masih punya peluang menambah pundi-pundi golnya di dua partai penentu gelar juara.

Meski belum pernah sekali pun merengkuh gelar juara, pemain Indonesia sudah beberapa kali meraih gelar pencetak gol terbanyakYaitu, Gendut Doni Christiawan pada 2000 dengan koleksi 5 gol, Bambang Pamungkas ( 2002/8 gol), Ilham Jayakesuma (2004/7 gol), dan Budi Sudarsono (2008/4 gol)Hingga kini, rekor pencetak gol terbanyak digenggam striker Singapura yang merumput di Arema Noh Alam Shah yang membukukan 10 gol di Piala AFF 2007.

"Meski punya peluang menjadi top scorer Piala AFF 2010, Gonzalez menyatakan tidak terlalu mementingkan itu"Yang nomor satu bagi saya adalah Indonesia menangSoal siapa yang mencetak gol tidak masalahTapi, saya akan selalu berjuang keras untuk mencetak gol di setiap pertandingan," kata Gonzalez ketika ditemui di mixed zone tadi malam(ali/c4)

- Daftar Top Scorer Piala AFF:
 1996 Netipong Srithong (7 gol)
 1998 Myo Hlaing Win (4)
 2000 Gendut Dony Christiawan dan Worrawoot Srimaka (5)
 2002 Bambang Pamungkas (8)
 2004 Ilham Jaya Kesuma (7)
 2007 MohdNoh Alam Shah (10)
 2008 Budi Sudarsono, Agu Casmir, dan Teerasil Dangda (4)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cassano Merapat, Ronaldinho Terancam


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler