Tak Putus Asa Merintis Usaha Kuliner, D3Kitchen Kini Makin Besar

Selasa, 06 September 2022 – 13:04 WIB
Terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) tidak membuat Detriyani menyerah untuk mendapatkan rejeki. Foto: Dok Sampoerna

jpnn.com, JAKARTA - Terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) tidak membuat Detriyani menyerah untuk mendapatkan rejeki.

Dia pun memulai usaha kuliner pada 2016 dan keputusan berwirausaha saat tengah mengandung buah hatinya.

BACA JUGA: Cerita Bisnis Kuliner Ikan Asap asal Demak, Memiliki Omzet Rp 750 Juta Per Hari

Pesangon dari kantor dimanfaatkannya sebagai modal usaha dan membekali diri dengan kemampuan baking. Detri mengikuti berbagai kursus memasak.

Kala itu, Detri menerima pesanan secara musiman alias ketika ada momen-momen tertentu seperti hari besar keagamaan dengan produk kue kering.

BACA JUGA: Ini 3 Tantangan Utama di Sektor Usaha Peternakan Indonesia

Namun, karena kegigihannya meng-upgrade kemampuan baking, Detri mulai menambah menu jualannya.

“Saya coba menawarkan aneka bolu, ternyata banyak yang tertarik. Kemudian, semakin semangat sehingga selain bolu dan kue kering, saya juga menerima pesanan kue basah, risol, dan aneka roti. Dan menu-menunya terus bertambah. Tetapi perjalanan yang saya lalui cukup sulit,” kisah Detri.

BACA JUGA: Ada Sushi Istimewa di Sakurakita, Pencinta Kuliner Jepang Wajib Mampir

Setelah kurang lebih enam tahun berjalan, Detri kini telah memiliki kios di Rusun Cipinang Muara.

Bisnis Detri kian berkembang, pesanan kue ulang tahun dan snack box terus berdatangan.

Detri bahkan berhasil memberdayakan para tetangganya untuk membantu.

Meski telah memiliki kios, penjualan secara online masih menjadi andalan Detri.

Masa pandemi pada 2020 menjadi tantangan yang cukup berat bagi Detri. Pandemi, kata dia, membuat banyak orang belajar memasak secara otodidak karena mengisi waktu luang saat banyak berada di rumah.

“Pas awal-awal pandemi, yang biasa pesan ke saya, ternyata mereka bikin sendiri. Jadi usaha saya jatuh banget. Pemasukannya luar biasa turun, harus berjuang. Sekarang sudah mulai normal,” kata Detri.

Tak cepat puas, Detri ikut program binaan Sampoerna dan INOTEK

Di tengah pandemi, tepatnya pada 2021, Detri mengikuti program pembinaan UMKM yang diadakan oleh PT HM Sampoerna Tbk. melalui payung program keberlanjutan “Sampoerna Untuk Indonesia” yang bekerja sama dengan INOTEK. Program ini berjalan selama delapan bulan.

Detri pun mengaku banyak belajar untuk pengembangan usaha dengan bekal materi usahanya makin maju.

Saat ini, Detri sedang fokus dalam membuah kemasan produk yang menarik, teknik memotret untuk membuat produk, dan strategi pemasaran.

Selain itu, salah satu yang berkesan, Detri menyebut materi mengenai bagaimana membangun bisnis lestari. Artinya, bisnis yang menekankan pada kepedulian terhadap lingkungan.

“Banyak pelatihan yang saya ikuti. Pelatihan packing, marketing misalnya kapan waktu-waktu yang pas untuk promosi. Ada juga soal bisnis lestari. Walau jualan, tapi tetap mempertahankan tidak banyak sampah. Saya dapat reward dan dibikinin packing-an yang ramah lingkungan karena saya termasuk UMKM yang aktif, progress-nya bagus,” papar Detri.

Detri juga menerapkan ilmu-ilmu yang didapatkannya selama program pembinaan.

Menurutnya, omzet usaha makin menanjak dan brand kulinernya semakin dikenal.

Sampoerna Untuk Indonesia dan INOTEK juga memfasilitasi Detri untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Secara simbolis, NIB fisik diterima Detri beberapa waktu lalu pada acara yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia mengaku senang dan bangga.

“NIB saya itu saya taruh juga di dus jualan saya. Jadi konsumen tahu, usaha saya ini serius dan mereka tahu kalau D3Kitchen sudah terdaftar. Luar biasa, saya jadi semakin percaya diri,” kata Detri.

Detri berencana mengajukan pinjaman usaha ke bank berbekal NIB. Ke depannya, ia ingin menambah perlengkapan dapur dan properti yang menunjang usahanya.

“Jangan pernah menyerah. Dalam membangun bisnis memang perlu perjuangan, jangan pernah malu menawarkan, berpromosi. Dan, jangan lupa selalu berdoa,” ujar Detri. (mcr10/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler