Tak Rugi Istirahatkan Torres

Jumat, 09 Juli 2010 – 07:50 WIB
STRATEGI - Vicente Del Bosque memberi instruksi dalam laga semifinal antara Spanyol melawan Jerman, 7 Juli. Foto: Shaun Botterill/Getty Images/FIFA.com.
VICENTE del Bosque mengambil keputusan berani dalam laga melawan Jerman dini hari kemarinMeskipun bertekat main agresif demi mengejar gol cepat, dia tak ragu memarkir striker Fernando Torres yang performanya tidak memuaskan dalam lima laga terakhir

BACA JUGA: Matthaus: Sebaiknya Ballack Pensiun

Sebagai ganti, Del Bosque memasang winger Pedro Rodriguez.

Rupanya, keputusan itu tidak salah
Dengan adanya Pedro yang beroperasi di sayap kiri, sektor tengah Spanyol lebih solid

BACA JUGA: Tumbang, Loew Makin Bimbang

Apalagi, di situ dia berkoordinasi langsung dengan dua rekannya di Barcelona, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta
Hasilnya, tekanan intens yang dilancarkan Spanyol berbuah tendangan sudut yang dikonversi menjadi gol oleh Carlos Puyol.

"Meninggalkan Fernando (Torres) di bangku cadangan bukan keputusan yang mudah," tutur Del Bosque, sebagaimana dilansir AFP

BACA JUGA: Masih Ada Asa untuk Posisi Ketiga

"Fernando adalah sosok yang disukai teman-temannyaDia pemain yang bagus dan punya kepribadian kuatSaya harus mengambil keputusan dengan pertimbangan apa yang terbaik buat laga ini," lanjut dia.

Memang, ada pengaruh langsung dari absennya Torres di lini depan SpanyolKarena Villa dikawal cukup ketat, pemain lain tidak ragu untuk ikut majuSelain Sergio Ramos yang memang suka naik membantu serangan, dua defender lain seperti Puyol dan Joan Capdevila juga ikut aktif menekanPraktis, hanya Gerard Pique yang setia menjaga daerahnya.

Tidak heran kalau Spanyol banyak membuka kans dari pemain-pemain belakang tersebutPuyol misalnya, sudah mendapat peluang gol di menit ke-13, ketika menerima umpan silang Andres Iniesta dari sisi kiriSayang, heading kapten Barcelona itu masih melambung jauh di atas gawangBaru di menit ke-73 Puyol sukses menjebol gawang Manuel Neuer.

"Setelah apa yang diberikannya kepada timnas selama ini, dia (Puyol) berhak mendapat gol semacam itu," kata Capdevila kepada Reuters"Selama ini permainannya mengagumkanDan pada akhirnya, dia juga yang mengantar kami ke finalKami sangat respek kepada dia," lanjut bek Villarreal tersebut.

Tahun ini, genap sepuluh tahun Puyol membela La Furia RojaSelama itu pula, baru tiga gol yang disumbangkannyaNamun bagi publik Spanyol, golnya malam kemarin jauh lebih penting dari apapunBahkan, David Villa yang tengah mengejar gelar top scorer mengaku rela tidak mencetak gol asal Spanyol menang di final.

"Mari kita berharap dia (Puyol) mencetak gol lagi, dan mempersembahkan kemenangan buat SpanyolBakal sangat keren kalau itu terjadi di final," tukas striker yang sudah mencetak lima gol tersebut(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemain Persebaya Tuntut Gaji


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler