Tahun 2020 merupakan tahun yang menantang bagi banyak warga Australia.

Diawali dengan bencana kebakaran hutan yang merusak rumah-rumah warga dan membakar lebih dari 170.000 kilometer persegi tanah.

BACA JUGA: Siaga di Malam Tahun Baru, Polda Metro Jaya Sekat 11 Titik Perbatasan

Kemudian disusul dengan pandemi virus corona yang sudah membunuh ratusan orang dan membuat banyak warga, khususnya di kota Melbourne, hidup dalam kondisi 'lockdown' yang termasuk paling ketat di dunia.

Karenanya perayaan menyambut tahun 2021 di tengah pandemi pun dilakukan berbeda karena masih di tengah pandemi COVID-19.

BACA JUGA: Jalur Alternatif ke Puncak Disekat, Penginapan-Kawasan Wisata Harus Tutup

Berikut adalah penjelasan bagaimana kota-kota besar di Australia akan merayakannya.

Jangan lupa juga, Anda bisa menyaksikan kembang api Tahun Baru melalui tayangan langsung di ABC iview atau kanal YouTube ABC.

BACA JUGA: Warga Sydney Diminta Tidak Tinggalkan Rumah saat Malam Tahun Baru

Sydney Photo: Pertunjukkan kembang api Sydney pukul 21:00 telah dibatalkan, namun pesta tengah malam akan tetap diadakan. (AP: Rick Rycroft, file photo)

 

Pertunjukkan kembang api ikonik di Sydney akan tetap digelar meski lebih singkat dari biasanya.

Pertunjukkan kembang api pukul 21:00 untuk keluarga dengan anak kecil telah dibatalkan.

Awal tahun ini, Pemerintah New South Wales sempat menyediakan tempat khusus bagi tenaga medis untuk menyaksikan kembang api, yakni di kursi baris terdepan.

Namun Senin kemarin, Premier Gladys Berejiklian mengatakan wabah baru COVID-19 di Sydney telah membatalkan rencana tersebut, karena "risikonya terlalu tinggi" untuk mengizinkan warga dari daerah pedalaman berkumpul di pusat kota.

Pemerintah NSW telah melarang kerumunan orang untuk menyaksikan kembang api dari tepi pantai sekitar Sydney, yang biasanya dipadati orang.

Warga Sydney akan diizinkan untuk merayakan Tahun Baru di beberapa tempat di pusat kota, selama tempat tersebut memberlakukan aturan 'COVID-safe' dan menaati aturan empat meter persegi per orang.

Sesuai pernyataan dari PM Gladys hari ini (30/12), berikut aturan yang berlaku bagi warga Sydney dalam momen Tahun Baru: Perkumpulan di rumah akan dibatasi hingga lima orang (termasuk anak-anak). Batas jumlah orang untuk perkumpulan di luar dibatasi dari 50 orang, menjadi hanya 30 orang.

Aturan bagi zona sebelah utara Pantai Utara Sydney akan tetap sama, namun bagi zona bagian selatan, aturan ini akan berlaku: Perkumpulan di rumah akan dibatasi hingga lima orang dari zona yang sama (termasuk anak-anak). Melbourne Photo: Tidak akan ada pertunjukkan kembang api tahun ini di Melbourne. (AAP: James Ross)

 

Melbourne tidak akan menggelar pesta kembang api, sebagai gantinya kota ini akan menggelar 'New Year Street Feast' atau Pesta Jalanan Tahun Baru, selama dua hari di pusat kota dari tanggal 31 Desember sampai 1 Januari.

Perayaannya akan digelar di tempat-tempat yang sudah diatur, namun untuk bisa datang, Anda harus memesan tempat.

50 tempat akan tersebar dalam 11 titik di kota, dengan tiket masuk yang sudah dijual sejak tanggal 23 November.

Penampilan musik dari beberapa musisi termasuk duo Client Liaison dan band Cut Copy, yang keduanya dari Melbourne, akan menghibur pengunjung.

Perjalanan dengan transportasi umum pukul 18:00 tanggal 31 Desember hingga pukul 18:00 tanggal 1 Januari tidak akan dipungut biaya.

Tambahan jam transportasi publik juga akan diberlakukan dari tengah malam sampai pukul 06:00 pagi.

  Canberra Photo: Acara Malam Tahun Baru di Canberra cocok bagi keluarga. (ABC News)

 

Penampilan musik di jalanan juga akan muncul di Canberra, beberapa hari menjelang Malam Tahun Baru, menggantikan tradisi pertunjukkan kembang api dan konser.

Sudah dua tahun berturut-turut, tidak akan ada kembang api di Kawasan Ibukota Australia (ACT) untuk menandai pergantian tahun.

Tahun lalu, pertunjukkan tersebut dibatalkan karena ancaman kebakaran hutan, dan tahun ini Pemerintah ACT lebih menyebarkan perayaan ke daerah pinggiran kota untuk menghindari kerumunan di tengah pandemi COVID-19.

Untuk acara tersebut, beberapa bangunan, termasuk Royal Australian Mint dan National Carillon, akan dipasangi lampu, dan musisi lokal akan bermain di jalanan kota Canberra.

Warga Canberra juga didorong untuk makan malam di pusat kota demi mendukung bisnis perhotelan lokal.

 

  Hobart Photo: Festival Taste of Tasmania telah dibatalkan tahun ini. (ABC News: Laura Beavis)

 

Meski akan menjadi perayaan Malam Tahun Baru yang berbeda dari biasanya, kembang api akan tetap menjadi bagian dari program perayaan di Hobart.

River Derwent akan disinari lampu warna-warni pukul 21:30 dan tengah malam, namun warga telah diperingatkan untuk menghindari kerumunan di tepi laut.

Kembang api akan melambung lebih tinggi tahun ini, sehingga dapat terlihat dari lebih banyak titik di sekitar kota.

Acara tahunan Taste of Tasmania telah dibatalkan, sama halnya dengan perlombaan perahu dari Sydney ke Hobart dan desa perlombaan. Adelaide Photo: Acara Malam Tahun Baru di Glenelg dan Brighton biasanya dihadiri ribuan orang. (ABC News )

 

Pertunjukkan kembang api juga ditunda di Adelaide telah karena dampak COVID-19.

Setiap tahunnya, acara pergantian tahun di Glenelg dan Brighton bisa menarik kerumunan hingga 60.000 orang, dengan penampilan kembang api di Elder Park dan Semaphore yang juga populer ditonton warga.

Namun kali ini, warga didorong untuk merayakan tahun baru di restoran atau bar di negara bagian tersebut untuk mendukung bisnis lokal.

Tadinya ibukota Australia Selatan ini akan menampilkan laser, drone, digabung dengan pertunjukkan air mancur di Torrens River, Elder Park.

Namun rencana ini diubah setelah mendapat kritikan, karena tahun lalu Adelaide tetap menggelar pertunjukkan kembang api di tengah kebakaran hutan Australia yang parah. Brisbane Photo: Warga Brisbane akan merayakan Malam Tahun Baru dari parkiran mobil mereka. (Supplied: Visit Brisbane)

 

Pesta kembang api memperingati pergantian tahun baru yang biasanya digelar di Brisbane juga terkena dampak COVID-19, namun warga masih didorong untuk merayakan awal tahun 2021 di pusat kota.

Wali kota Brisbane, Adrian Schrinner mengajak warga lokal untuk mengunjungi taman-taman di kota tersebut yang jumlahnya mencapai 2.000 taman.

"Semua taman kami akan tetap buka, termasuk South Bank dan Roma Street Parklands sepanjang Tahun Baru, sehingga warga masih bisa menikmati barbecue dan merayakan akhir tahun 2020 di luar rumah," katanya.

Beberapa tempat menggelar pesta pergantian tahun, seperti di Howard Smith Wharves, Eagle Street Pier, Portside Wharf, dan South Bank.

Beberapa restoran dan bar juga akan mengadakan pertunjukkan kembang api mereka sendiri, termasuk The Boundary Hotel di West End dan Ling Ling's di Fortitude Valley, namun tiket tetap harus dibeli.

Kembang api di Gold Coast juga telah dibatalkan, karena pihak berwajib khawatir pengunjung tidak dapat mengikuti imbauan 'social-distancing'.

Pusat daerah pedalaman Queensland juga mengubah sistem perayaan Malam Tahun Baru mereka tahun ini. Darwin Photo: Tahun baru di Darwin akan berlangsung seperti biasa, yaitu pukul 21:00 dan tengah malam. (Iskhandar Razak: ABC)

 

Pengunjung di ibukota Australia Utara dapat menyaksikan kembang api di Darwin Waterfront, selama 10 menit yang diadakan pada pukul 21:00 dan tengah malam.

Karena aturan terkait virus corona, pengunjung dari acara harus mendaftarkan diri secara online terlebih dahulu dan mengenakan gelang pada hari tersebut.

Penyelenggara acara mengatakan tiket tidak dapat dibeli di tempat.

Tiket akan dijual seharga A$20 (Rp 200ribu) bagi orang dewasa dan gratis untuk anak-anak di bawah usia lima tahun yang didampingi orang dewasa pemegang tiket.

Hanya akan ada ruang terbatas bagi mereka yang ingin melihat pertunjukkan dari dekat dan tempat duduk terbatas bagi mereka yang ingin menggelar karpet piknik.

Stan makanan akan buka dari pukul 16:00 sampai 22:00 dan bar di luar ruangan akan dibuka setelahnya.

Pengunjung tidak diizinkan untuk membawa makanan dan minuman dari luar ke lokasi, kecuali makanan untuk bayi.

Tempat parkir akan dibatasi, namun bus akan tersedia di malam tahun baru dari simpangan Darwin, Casuarina, dan Palmerston. Pemerintah NT telah menerbitkan informasi rinci tentang rute transportasi umum. Perth Photo: Perayaan Malam Tahun Baru di Perth akan berlangsung seperti biasa, tanpa ada perubahan sedikitpun. (ABC News: Rebecca Trigger)

 

Warga di negara bagian Australia Barat cukup beruntung karena dapat merayakan Malam Tahun Baru dengan normal.

Di kota Perth, akan diadakan penampilan jalanan dan beberapa hiburan lain, termasuk penampilan sirkus, penyanyi jalanan, pasar malam, dan lainnya di Northbridge dari jam 18:00 hingga tengah malam.

Warga di Perth juga dapat mengunjungi Museum Boola Bardip Australia Barat, di mana terdapat 'workshop' bagi anak-anak dan penampilan dan tarian Aborigin.

Bagi warga yang ingin melihat terangnya langit malam, pesta kembang api akan dilakukan pada pukul 21:00 bagi keluarga dan pertunjukkan lima menit lainnya akan menyusul pada tengah malam, sekaligus hitung mundur pergantian tahun bersama di Digital Tower, Yagan Square.

Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, warga disarankan pergi ke James Street, William Street, Yagan Square, atau Perth Cultural Centre.

Warga didorong untuk mendaftarkan informasi diri di aplikasi SafeWA saat menghadiri acara mana pun, menjaga jarak 1,5 meter dengan orang lain, dan menggunakan hand sanitiser.

Jangan lupa juga, Anda bisa menyaksikan kembang api Tahun Baru melalui tayangan langsung di ABC iview atau kanal YouTube ABC.

Diproduksi oleh Natasya Salim dari artikel dalam bahasa Inggris yang bisa dibaca di sini.

Ikuti berita seputar pandemi Australia dan lainnya di ABC Indonesia.

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Siap Sikat Warga yang Bermain Kembang Api dan Petasan saat Malam Tahun Baru

Berita Terkait