Taklukan PSM, Maung Geser Persija

Senin, 31 Mei 2010 – 00:41 WIB

BANDUNG-Persib Bandung mampu menutup kiprah di ajang Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010 dengan raihan sempurna! Dalam laga pamungkas kontra PSM Makassar di Stadion Sliwangi, Bandung, malam tadi (30/5), Eka Ramdani cs sukses menaklukan PSM Makassar dua gol tanpa balas.

Kedua gol Maung Bandung dicetak melalui bola matiEksekusi tendangan bebas Eka Ramdani menit 24 dan Christian Gonzales menit 81 gagal dibendung penjaga gawang Syamsidar.Tambahan 3 angka itu menempatkan Persib di peringkat 4 klasemen akhir dengan raihan poin 53 menggeser Persija Jakarta yang di partai lain takluk 1-5 dari Arema Indonesia.

"Terim kasih untuk bobotoh atas dukungan yang luar biasa di pertandingan ini

BACA JUGA: Lokasi Pembukaan SEA Games Masih Belum Jelas

Kita memang hanya finish di posisi 4, tetapi itu patut disyukuri,"ujar Caretaker Persib, Robby Darwis dalam konfrensi pers usai laga berakhir.

Robby memandang kunci kemenangan tim timnya, tidak terlepas dari semangat juang para pemain yang begitu luar biasa
Ia memuji para pemain yang telah  melupakan kekalahan di laga sebelumnya dari Persiba Balikpapan

BACA JUGA: UEFA Pakai Lima Wasit

Menurutnya, penekanan khusus yang disuntikan beberapa hari jelang laga berlangsung begitu ampuh.

"Kita dalam setiap sesi latihan fokus untuk bisa menang dari PSM
Saya rasa hal ini tidak terlepas juga dari semangat para pemain untuk menutup musim ini dengan catatan bagus.  Beruntung kita mampu tampil disiplin sehingga tidak kecolongan oleh lawan,"tandasnya.

Di tempat yang sama Asisten Pelatih PSM, Tony Ho memandang kekalahan timnya disebabkan para pemain terburu-buru dalam melakukan pelanggaran
di dekat area penalti

BACA JUGA: Tinggalkan Sepatu, Semangati NBL Indonesia

Ia memang memuji kemampuan  para amunisi Maung Bandung dalam mengeksekusi tendangan bebas.

"Secara keseluruhan pertandingan berlangsung  dengan baikSaya tetap bangga dengan perjuangan anak-anak, meskipun mereka lengah dan kurangg
waspada terhadap bolabola mati yang menguntungkan Persib,"ujarnya.

Tony enggan mengomentari keputusan wasit,yang menganulir gol Heru Nerli di menit ke 43Menurutnya tidak fair jika menganggap kekalahan ini disebabkan faktor nonteknisTony memang mengakui lawan tampil maksimal dan pantas menuai poin penuh"Selamat untuk Persib yang memang pantas menang hari iniPermainan tadi, saya anggap ajang silaturahmi bagi kedua tim,"pungkasnya.

Persib langsung melancarkan serangan di awal babak pertamaLaga baru berlangsung 39 detik, eksekusi tendangan bebas Eka Ramdani hampir saja membuka keunggulan tim tuan rumah.  Permukaan lapangan yang licin, membuat kedua tim sulit menguasai bola.

Menit ke 6 giliran Christian Gonzales yang mendapatkan peluang emasMenerima umpan Atep di area penalti lawan, ia mampu melepaskan  diri dari kawalan ketat Joo Ki HwanMendapatkan ruang tembak sempit, penyerang asal Uruguay ini melesakkan sepakan keras yang masih di hadang penjaga gawan Syamsidar
Memasuki menit 13, giliran PSM yang mendapatkan peluangBeruntung, tandukan Osvaldo Moreno memanfaatkan tendangan penjuru Syamsul Haeruddin masih tipis di atas mistar gawang4menit berselang, Budi kembali melepaskan tendanga keras di area penalti yang lagi-lagi  dimentahkan Syamsidar.

Skuad PSM beruntung diperkuat kiper sekelas SyamsidarUntuk ke 3 kalinya, ia mentips sepakan keras Budi di menit 22Maung Bandung akhirnya membuka  keunggulan menit 24Tendangan bebas Eka Ramdani dari jarak sekitar 20 meter, tepat bersarang di pojok kiri gawang.

Tertinggal satu gol, kubu PSM langsung bereaksi di menit 30Aditya Putra Dewa digantikan Heru Nerli demi menambah kekuatan di sektor tengahMenit ke 43, para penggawa PSM melancarkan protes kerasGol hasil tandukan Heru Nerli memanfaatkan tendangan penjuru Syamsul dianulir wasit Djumadi EffendiWasit menganggap bola sundulan Heru menyentuh tangan Jo Ki Hwan sebelum masuk ke gawangBeruntung para pemain PSM yang sempat "panas" mampu ditenangkanHingga turun minum, keunggulan 1-0 bagi Persib bertahan.

Di babak kedua, PSM mencoba mengambil alih kendali seranganNamun, lini belakang Persib mampu tampil kokohMaung Bandung pun hampir menambah kenggulan di menit 52, jika saja tendangan keras Gonzales tidak tepat dipelukan SyamsidarBudi kembali gagal memaksimalkan kesempatanTandukannya di menit 57, hanya menyamping di isi kiri tiang gawang.  Hingga laga menyisakan 15 menit, kubu tamu belum mampu memberikan tekanan berartiPelatih Tumpak Sihite menambah amunisi di sektor depan dengan memasukkan Rahmat Rivai mengganti Diva Tarkas.

Namun  Syamsidar malah kembali memungut bola di jala sendiri menit ke 81Kali ini, ia gagal membendung eksekusi tendangan bebas Gonzales yang tepat mengarah ke pojok kanan gawangEl Loco-julukannya- dalam pertandingan ini wajib mencetak hattrick jika ingin meraih gelar top skor.

2 menit berselang, PSM hampir saja memperkecil ketinggalahRahmat Rivai mampu meloloskan diri dari penjagaan 2 stoper Persib, sebelum melepaskan tendangan yang masih mampu ditips MarkusHingga peluit panjang, Persib mampu mempertahankan keunggulan 2-0(bsf)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prancis Host Euro 2016


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler