Punya Banyak Manfaat, Porang Bagus untuk Kesehatan dan Pengentasan Kemiskinan

Jumat, 18 Juni 2021 – 12:05 WIB
Ilustrasi - Tepung Porang. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, MADIUN - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan kandungan porang sangat istimewa.

Tanaman yang dapat tumbuh hampir di seluruh wilayah Indonesia itu sangat baik bagi kesehatan karena mengandung berbagai unsur, di antaranya glukomannan.

BACA JUGA: Luar biasa, Presiden Sampai Membahas Porang dan Sarang Burung Walet

Berbagai macam produk turunan porang juga dapat digunakan untuk diet.

Muhadjir mengatakan hal itu saat menghadiri Gerakan Panen Porang di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (17/6).

BACA JUGA: Mentan Sebut Peluang Porang Kuasai Pasar Dunia Masih Terbuka Lebar

Dia hadir bersama Menteri Pertanian Sayhrul Yasin Limpo.

Muhadjir juga mengatakan di pasaran saat ini juga terdapat produk mie yang terbuat dari bahan dasar tanaman porang.

BACA JUGA: Mentan: Porang dan Sarang Burung Walet Masuk Program Super Prioritas Pertanian

"Harganya sangat keren dan itu sebagian besar masih impor. Mudah-mudahan nanti Bapak Menteri Pertanian bisa mendorong untuk segera menggeser jenis-jenis bahan makanan yang tidak ramah dengan kesehatan terutama makanan yang dipakai sehari -hari," ujar Muhadjir.

Menurut Muhadjir, pengembangan komoditas porang punya andil mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Madiun.

Ke depan, pengembangan komoditas ini diharapkan tetap memberi jaminan kesejahteraan bagi para petani.

"Porang ini sangat menjanjikan dan harus dikawal betul dalam diversifikasi, kemudian riset-riset untuk meningkatkan varietas dan itu betul-betul bisa menjamin bahwa petani porang terjamin kesejahteraannya, syukur- syukur akan bisa meningkat," katanya.

Sementara itu Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan pihaknya sejak 2020 lalu telah mengembangkan komoditas porang secara optimal dengan mendorong baik hulu maupun hilir.

Porang dan sarang burung walet bahkan saat ini sudah ditetapkan sebagai komoditas super prioritas untuk meningkatkan nilai ekspor pertanian.

"Sejak 2020 kementan memasukkan ini dalam komoditi pertanian walaupun tanaman itu sudah lama ada tetapi ini tanaman hutan sebenarnya. Jadi sekarang dioptimalkan, bahkan Bapak Presiden mengatakan porang harus menjadi harta karun yang baru untuk mengangkat ekonomi," ucapnya.

Mentan menambahkan, pihaknya akan segera menjabarkan agenda aksi dalam pengembangan budidaya pasca panen bahkan hilirisasi porang.

Mentan juga mendorong para petani untuk turut mengembangkan porang di berbagai daerah.

"Saya berharap semua orang di dunia ini tahu bahwa porang itu asalnya dari Indonesia. Tentu saya juga mendorong semua pihak dengan kekuatan pertanian yang semakin maju, mandiri dan modern ini mampu menghasilkan porang yang berkualitas," pungkas SYL.(*/JPNN)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler