Tangerang Hawks Bidik Juara IBL 5 Tahun ke Depan

Sabtu, 18 September 2021 – 16:38 WIB
Perkenalan tim Tangerang Hawks The Hawks Basketball Court BSD, Jumat (17/9) WIB. Foto: Tangerang Hawks

jpnn.com, TANGERANG - Tangerang Hawks menjadi satu di antara klub baru yang akan mengikuti gelaran IBL 2022.

Klub baru lainnya adalah Bumi Borneo Basketball Pontianak, Evos Basketball Bogor, dan RANS PIK Basketball.

BACA JUGA: Dewa United Surabaya Perkenalkan Amunisi Baru untuk IBL 2022, Siapa Dia?

Tim berlogo elang itu ternyata masih memiliki hubungan kekerabatan dengan tim BRI Liga 1 yakni Persita Tangerang.

Dalam struktur manajemen Tangerang Hawks terdapat Ahmed Rully Zulfikar yang merupakan chairman tim dan juga presiden Persita.

BACA JUGA: Empat Tim Baru Meramaikan IBL 2022, Ada Klub Milik Raffi Ahmad

Selain Rully, di dalam struktur juga ada Evelyn Cathy Wijaya sebagai Direktur Operasional Tangerang Hawks yang posisinya di Persita sebagai direktur komersial.

Rully mengatakan Tangerang Hawks adalah adik dari Persita.

BACA JUGA: Bumi Borneo Basketball Mengusung Misi Besar Jelang IBL

Menurut Rully, sudah sejak 2018 dirinya bercita-cita ingin membuat tim basket karena animo masyarakat menonton IBL sangat tinggi.

Setelah menjalin komunikasi dengan pihak Hawks melalui Husin Arief dan Rama Datau akhirnya terjadi kerja sama pembentukan Tangerang Hawks.

"Soal kenapa nama timnya bukan Persita, karena Persita belum punya nama di basket. Sedangkan Hawks sudah punya sejarah. Apa pun namanya, kami tetap Tangerang, warnanya ungu," ungkap Rully dalam rilis yang diterima JPNN.com dari Tangerang Hawks.

Presiden Direktur Tangerang Hawks Rama Datau memberikan beberapa rencana klub selanjutnya.

Menurut manajer timnas 3x3 di Sea Games 2019 itu dirinya ingin menjadikan Tangerang Hawks sebagai tim bola basket yang profesional.

“Tangerang Hawks akan memiliki training ground serta kantor yang berlokasi di The Hawks Basketball Court BSD dan home ground di Tangerang. Tangerang Hawks memiliki harapan untuk mampu menjadi tim bola basket profesional yang terbaik di Indonesia, tidak hanya kemampuan di lapangannya saja, tetapi juga prestasi," ungkap Rama.

Hadirnya Tangerang Hawks diharapkan bisa menjadi wadah bagi para generasi muda di Tangerang untuk bisa mengembangkan bakat dan kemampuannya khusus di olahraga bola basket.

Diharapkan mereka dapat berprestasi secara profesional dan bisa menjadi jembatan untuk masuk ke dalam tim basket nasional Indonesia.

“Dengan keberhasilan The Hawk dalam melakukan pembinaan Kelompok Umur (KU) sejak dari tujuh tahun lalu, maka terbentuklah tim Tangerang Hawks yang akan berlaga pada ajang IBL 2022," katanya.

Pada musim pertamanya, Tangerang Hawks akan menurunkan tim yang didominasi pemain muda. Tim akan dilatih oleh pelatih Efri Meldi.

Mantan pelatih Satya Wacana Salatiga itu direkrut oleh Tangerang Hawks dengan kontrak jangka panjang. Datang ke Tangerang Hawks, Efri Meldi ditargetkan bisa membawa tim bola basket kebanggan kota Tangerang itu juara lima tahun mendatang.

"Pelatih Efri Meldi bekerja dengan banyak pemain muda dan mengetahui potensi para pemain muda dari sejumlah daerah. Mereka akan memperkuat tim kami ditambah beberapa pemain senior. Jadi pemain-pemain muda kami tak hanya seputar Jakarta dan Tangerang," pungkas Rama Datau.

The Hawks pada awalnya merupakan tim yang fokus pada kelompok umur. Klub yang berbasis di Tangerang itu telah mendapatkan beberapa gelar seperti Premier Youth Basketball Championship (PYBC) 2018 dan 2019 serta Asia Pacific Basketball Youth Cup Singapore 2014, 2016, dan 2017.

Kehadiran Tangerang Hawks di IBL bertujuan untuk melakukan pembinaan basket di Tangerang dari tingkat kelompok umur hingga mampu berpartisipasi pada kompetisi yang berada pada tingkat profesional. (mcr16/jpnn)


Redaktur : Adek
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler