Tanggapi Surat Terbuka Emerson, Mahfud MD: Konkret Saja, Di Mana?

Kamis, 23 September 2021 – 18:58 WIB
Ilustrasi - Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - jpnn.com - Menko Polhukam Mahfud MD merespons surat terbuka yang sempat disampaikan pegiat antikorusi Emerson Yuntho kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Surat terbuka itu berkaitan dengan dugaan pungutan liar di lingkungan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

BACA JUGA: Berpotensi Korupsi dan Pungli, Surat Sumbangan Gubernur Sumbar Harus Diusut Tuntas

Respons ini disampaikan Mahfud melalui akun Twitter-nya, @mohmahfudmd. Mahfud meminta Emerson untuk memberikan informasi yang lebih akurat.

“Mas Eson, yang konkret saja, Samsat mana, pelaku dan korbannya siapa. Kalau kebijakan kan sudah jelas, sudah ada aturan dan jejaring pengawas,” kata Mahfud, Rabu (22/9).

BACA JUGA: Ayo Bayar Pajak Kendaraan, Hari Ini Polda Metro Jaya Siapkan 9 Gerai Samsat Keliling

Mahfud pun meminta Emerson langsung menyebut kasusnya agar bisa ditindak langsung. Apalagi Emerson sudah dipanggil oleh Saber Pungli.

“Yang konkret saja kasusnya, biar bisa langsung ditindak. Anda kan sudah dipanggil ke Kantor Saber Pungli. Ok, kita perbaiki, keperluan kita sekarang menindak,” tambah dia.

BACA JUGA: Ramai Dugaan Pungli di Samsat Jaktim, Ombudsman: Terjadi Juga di Tempat Lain

Sebelumnya, Emerson dalam surat terbukanya menyebut pebalap top seperti Lewis Hamilton dan Valentino Rossi tak mungkin mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Indonesia.

Emerson mengirim surat terbuka kepada Presiden Jokowi. Dia meminta kepada Jokowi membenahi praktik pungutan liar (pungli) di lingkungan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) dan Satuan Administrasi SIM (Satpas).

“Bapak Presiden, saya adalah warga yang lebih 20 tahun merasa resah dan prihatin dengan pelayanan publik, khususnya di Samsat dan Satpas yang hingga saat ini belum bebas dari praktik pungutan liar dan percaloan,” tulis Emerson melalui surat terbuka, Rabu (15/9).(cuy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Friederich
Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler