Target BC Naik tapi Kurang Pegawai

Senin, 22 Februari 2010 – 12:27 WIB

JAKARTA--Untuk pencapaian proyeksi penerimaan pajak Rp 1.000 triliun di tahun 2013, sumber pemasukan negara dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai tahun 2010 juga ditargetkan mengalami peningkatan.

''Target 2010 Ditjen Bea Cukai mencapai Rp 81,3 triliunMengalami peningkatan dari target 2009,Rp 72,8 triliun

BACA JUGA: Bunga Kredit dan KPR Turun

Target ini menjadi tantangan buat kita
Tidak boleh pesimis dan harus bisa dimaksimalkan,'' ujar Agung Uswandono, Direktur Teknis Kepabeanan Ditjen Bea Cukai pada wartawan, Senin (22/2) di Kementrian keuangan, Jakarta.      

Peningkatan target ini kata Agung menjadi tantangan tersendiri ditengah masih kurangnya pegawai Bea dan Cukai di daerah-daerah

BACA JUGA: Desak Bank Turunkan Suku Bunga

'Kita sudah lama kekurangan pegawai
Saat ini kita hanya memiliki 11 ribu pegawai

BACA JUGA: Jamin Kualitas, Produk UKM Disertifikasi

Sementara pulau yang ada di Indonesia sebanyak 17 ribu lebih karena 2/3 dari negara ini adalah laut.

Dengan kondisi ini, masih terdapat ratusan pelabuhan tikus yang masih membutuhkan pengawasan sementara jumlah pegawai kita masih sangat kurang,'' kata Agung tanpa menyebutkan jumlah kekurangan.

Namun demikian, meski kekurangan pegawai di tengah target yang meningkat, Agung mengatakan Ditjen Bea Cukai tetap optimis bisa mencapai target penerimaan pajak tahun 2010.

''Kita akan terus melakukan evaluasi mekanisme manajemen didaerah-daerah yang rawanTermasuk melakukan evaluasi penegakan hukumSemua lini dimaksimalkan agar sukses melebihi target di 2009, kembali terwujud di target 2010,'' kata Agung.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Produk Impor Diawasi Ketat


Redaktur : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler