Target Rekor Tayangan Televisi

Minggu, 08 Juni 2014 – 16:01 WIB
Target Rekor Tayangan Televisi di Piala Dunia 2014 di Brasil. Getty Images

jpnn.com - PIALA DUNIA di Afrika Selatan empat tahun yang lalu sempat mengukir rekor sebagai laga sepakbola paling banyak ditonton lewat layar televisi. Setidaknya sekitar lebih dari 3,2 miliar pasang mata yang menyaksikan minimal satu menit 64 laga yang tersaji kala itu. Atau hampir 46,4 persen dari populasi penduduk dunia di tahun tersebut.

Rekor penonton televisi di Afsel ketika itu disebut-sebut lebih besar ketimbang edisi di Jerman, empat tahun sebelumnya. Nah, sekarang, empat tahun berlalu dari Afsel, Brasil juga mengincar target yang sama. Yaitu melebihi pencapaian Piala Dunia 2010 sebagai yang terbanyak ditonton.

BACA JUGA: Isaac Pupo Perkuat Persebaya Dua Putaran ISL

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Direktur Pertelevisian FIFA Niclas Ericson. "Kami punya banyak alasan untuk mengklaim penonton televisi meningkat tahun ini. Di Piala Dunia ini, kami bekerja cukup keras untuk jadwal yang lebih rapi. Kami pikir, ini bagus untuk fans," ujarnya seperti yang dikutip dari situs resmi FIFA.

Untuk pertandingan di Piala Dunia kali ini memang berbeda dengan edisi sebelumnya. Di Brasil, Piala Dunia tidak lagi dinikmati pendukung sepakbola di benua Asia yang dikenal pasar potensialnya sepakbola dunia. Beberapa pertandingan bahkan ada yang digelar pagi hari.

BACA JUGA: Persebaya Langsung Daftarkan Pupo

Kondisi tersebut dianggap Ericson sebagai kabar bagus untuk pemasaran pertandingan di Piala Dunia itu sendiri. "Selama ini kan pasar Asia juga terus berkembang dari aspek jumlah penonton dan pemasukan hak siar televisinya. Itu yang kami harapkan muncul di sini," harapnya.

Bukan hanya bermodalkan penjadwalan yang rapi, untuk edisi tahun ini FIFA juga sudah menerapkan teknologi baru dalam menyiarkan setiap pertandingan Piala Dunia. Untuk kali pertama, siaran Piala Dunia akan menggunakan kualitas gambar dan suara yang super tajam (ultra high definition).

BACA JUGA: Djanur Instruksikan Pemain Menyerang

"Untuk setiap pertandingan di Brasil nantinya akan menggunakan sekitar 34 unit kamera. Bukan hanya itu, untuk memaksimalkan tayangannya, produksi siaran televisi ini juga akan didukung dengan sekitar 3 ribu staf yang terlibat dalam prosesnya. Mereka berasal dari 48 negara," bebernya.

Sekedar tambahan informasi, pada Piala Dunia 2010 silam, sekitar 619,7 juta orang yang menyaksikan 20 menit secara beruntun laga hingga masa perpanjangan waktu di babak final. Lalu, dari 64 laga, untuk setiap pertandingannya rata-rata disaksikan 188,4 juta orang. (ren)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Periode Pembalasan Messi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler