Tarif Supermahal di Toilet Venezia

Selasa, 10 Februari 2009 – 07:56 WIB

VENEZIA - Kalau mau jalan-jalan menyusuri Venezia, Italia, sebaiknya kosongkan dulu kantong kemihIni kalau Anda ingin berhemat

BACA JUGA: Benjamin Netanyahu Diunggulkan Sebagai Calon PM Israel

Pasalnya, ongkos masuk toilet umum di kota yang terkenal dengan wisata gondolanya itu sampai 3 euro (Rp 45 ribu)
Tarif ini resmi

BACA JUGA: Ganja Picu Kanker Testis

Kebijakan baru tersebut mulai diterapkan 1 Februari lalu, saat turis ramai berdatangan karena libur musim panas.

Radio Nederland melaporkan untuk Jawa Pos, ada cara kalau ingin pipis dengan biaya lebih murah
Booking atau pesan saja lewat internet sehari sebelumnya

BACA JUGA: Biang Kebakaran dari Ulah Manusia

Dengan begitu, Anda bisa dapat korting 30 persenJadi, cuma 2 euro atau sekitar Rp 30 ribu sekali cuurrrr

Tapi, ada sedikit kendalaKalau booking lewat internet harus menentukan waktunya, dari menit berapa sampai berapa hendak menggunakan WC umum.

Supaya para wisatawan tidak kaget, bapak dan ibu di Pemda Venezia juga membuat pengecualianKorting 50 persen untuk yang pipis di toilet umum di luar musim liburan.

Pengecualian juga berlaku buat penduduk lokalWarga ber-KTP Venezia, kalau pipis, mendapatkan diskonHanya dikenai tarif 25 sen euro (sekitar Rp 3.500).

Ada pula paket hemat lain bagi Anda yang berencana liburan sampai seminggu di Venezia dan sering menggunakan toilet umumSebaiknya beli saja kartu langganan ''WC Card''Harganya 7 euro di musim sepi turis dan 9 euro di musim liburan''Piss-Card'' itu berlaku seminggu dan maksimal sepuluh kali pakai.

Wali Kota Venezia Massimo Cacciari menyadari bahwa kebijakan itu tidak menyenangkan''Tapi, kota kami benar-benar butuh dana untuk pemeliharaan monumen dan gedung bersejarah, serta butuh biaya untuk mengeruk kanal yang mulai dangkal,'' kilah Cacciari yang berambut dan berjenggot lebat itu.

Tarif mahal WC umum tersebut bukan tanpa risikoMereka yang benar-benar sedang kebelet tapi tidak ada uang kecil atau memang sedang bokek, bisa saja buang hajat kecil di emperan gedung bersejarah, di gang-gang, atau di kanalDijamin menambah polusiLantas, bagaimana mereka yang sedang beser ya ...? (hep/ami)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gara-gara Perak, Anwar Diminta Mundur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler