Taylor Swift Pecahkan Rekor Penjualan Album 2017

Kamis, 16 November 2017 – 22:25 WIB
Album baru Taylor Swift. Foto: Herald Sun

jpnn.com - Siapa bilang album fisik sudah tidak laku? Coba lihat capaian Taylor Swift dengan Reputation. Dirilis pada 10 November lalu, album studio keenam kekasih aktor Joe Alwyn itu sudah terjual 1,05 juta kopi di AS kemarin, Rabu (15/11). Penjualan terbanyak terjadi pada hari pertama sebanyak 700 ribu kopi.

Rekor tersebut membuat Swift jadi pemilik album terlaris tahun ini. Menggeser Divide milik Ed Sheeran yang terjual 919 ribu kopi pada minggu pertama. Tentu saja, catatan tersebut belum final.

BACA JUGA: Album Baru Taylor Swift Keluar Hari Ini

Reputation diperkirakan mengalahkan album Swift lainnya, 1989. Angka penjualan pekan pertama album itu 1,29 juta kopi.

”Jika angka penjualannya stabil, bukan tidak mungkin terjual hingga 1,4 juta di minggu pertama,” papar perwakilan label Swift, Big Machine Records, sebagaimana dikutip Billboard.

BACA JUGA: Taylor Swift Rilis Lagu Baru, Giliran Siapa Kena Sindir?

Berdasar data Nielsen Music, Reputation merupakan album yang berhasil menembus penjualan fisik sejuta kopi dalam sepekan selama dua tahun terakhir. Sebelum Reputation, ada 25 milik Adele.

Album yang rilis pada Natal 2015 tersebut terjual 1,16 juta kopi pada hari pertama dan total 3,38 juta kopi pada minggu pertama.

BACA JUGA: Taylor Swift Kembangkan Aplikasi Medsos Khusus untuk Fannya

Salah satu resep sukses Swift adalah menunda penjualan Reputation di layanan streaming, termasuk Apple Music dan Spotify. Hanya ada empat lagu yang bisa disediakan, sisanya baru diluncurkan pada Jumat (17/11).

Swift juga melakukan kegiatan yang kerap dijalaninya saat merilis album. Yakni, mengunjungi Target. Pada Selasa malam (14/11) waktu setempat, Swift datang ke cabang toko ritel itu di Bridge White, Nashville.

”Kami akan membeli beberapa majalah. Kami ke Target,” ucapnya di video yang diunggah di Instagram story.

Dia bersama keempat temannya, Clare, Elliotte, Mel, dan Kamilah, dengan santai memasuki toko. Tidak dibutuhkan waktu lama buat para pengunjung menyadari sosok kelahiran 13 Desember 1989 itu.

Mereka berhamburan menghampirinya. Tidak sedikit pula yang meminta tanda tangan pada album Reputation yang baru dibeli. Malam sebelumnya, Swift melakukan promo dengan menjadi tamu kejutan di acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon. (fam/c6/ayi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mau Dengar Taylor Swift Ngerap Soal Mantan di Lagu Terbaru? Klik


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler