Tekan Risiko Bencana, PNM Tanam 50 Ribu Bibit Mangrove di 14 Kota

Kamis, 01 Agustus 2024 – 12:25 WIB
PT PNM membuat gerakan menanam 50 ribu bibit tanaman di 14 wilayah secara serentak. Dokumentasi PT PNM

jpnn.com, JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) membuat gerakan menanam 50 ribu bibit tanaman di 14 wilayah secara serentak pada Jumat (26/7) kemarin.

Langkah itu mereka lakukan demi memperingati Hari Mangrove Sedunia.

BACA JUGA: Beri Kontribusi di Hari Lingkungan Hidup, Hikvision Ikut Tanam Ribuan Bibit Mangrove

Diketahui, PNM menanam puluhan bibit mangrove di Makassar, Lamongan, Pekanbaru, Mataram, Ambon, Tegal, Banjarmasin, Semarang, Cirebon, Jambi, Kendari, Bekasi, Yogyakarta, dan Probolinggo.

Direktur Operasional PNM Sunar Basuki meyakini gerakan menanam pohon memperingati Hari Mangrove Sedunia bisa berdampak positif bagi masyarakat dalam menekan bencana.

BACA JUGA: Peringati Hari Bumi, Garudafood Tanam 1.000 Bibit Mangrove

"Gerakan ini dapat membantu menekan bencana di pesisir dan yang lebih penting itu bagaimana seluruh lapisan masyarakat mau ikut berkontribusi menjaga keberlangsungan ekosistem mangrove itu sendiri,” kata Sunar melalui keterangan pers PT PNM, Kamis (1/8).

Adapun, aksi penanaman ribuan bibin mangrove selaras dengan komitmen perusahaan dalam menjalani pilar-pilar pembangunan yakni ekonomi, sosial, dan lingkungan. 

BACA JUGA: Polairud Tanam 73 Ribu Bibit Mangrove Serentak di Seluruh Indonesia

Pilar ini juga menjadi konsen PNM dalam membantu mencapai 17 Indikator Sustainable Development Goals (SDGs) yang berkaitan dengan permasalahan lingkungan yang kerap terjadi, yaitu minimnya penghijauan, abrasi, polusi hingga risiko bencana di pesisir.

Mangrove di sisi lain memainkan peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir yang sehat, bertindak sebagai penghalang alami terhadap badai, mengurangi erosi pantai, dan menyediakan habitat bagi berbagai spesies laut dan darat.

Sunar berharap aksi penanaman mangrove bisa mendukung komunitas lokal menciptakan lapangan kerja melalui ekowisata.  

“Ekowisata ini bisa menambah pendapatan masyarakat pesisir. Jika dirawat dengan baik, semakin banyak pengunjung yang datang, tentunya akan sangat berdampak pada ekonomi mereka,” katanya. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wujudkan NZE, Asuransi Astra Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Kepulauan Seribu


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler