Tokoh terkenal dalam industri perikanan Barramundi, Northern Territory didenda lebih dari $1,600 atau sekitar Rp15 juta karena menelantarkan jaring ikannya sehingga membunuh dua ekor buaya besar.

Peter Manning merupakan jurubicara dewan makanan laut di Barramundi, NT dan dikenal juga sebagai kandidat dari Partai Liberal pada Pemilu 2008 lalu.

BACA JUGA: Antibodi Manusia Kloning Diujicobakan untuk Obati Pasien HIV

Di Pengadilan Magistrasi Darwin, Manning mengaku bersala karena menelantarkan jaring ikan miliknya di Coopers Creek, salah satu anak sungai dari East Alligator yang berbatasan dengan Taman Nasional Kakadu.

Buaya sepanjang 4,5 meter dan 3 meter ditemukan mati terjerat jaring ikan yang terbengkalai itu oleh seorang nelayan pada awal Februari lalu. 

BACA JUGA: Cegah Kedatangan Pencari Suaka, Australia Produksi FTV Senilai 40 Miliar

Kematian buaya ini menyebabkan warga Aborigin pemilik lahan tradisional di kawasan itu melaporkan insiden ini dan mendesak dilarangnya pemancingan komersial di ruas sungai terkenal itu.

Jaksa penuntut mengatakan jaring ikan dengan nomor izin milik Manning ditemukan di anak sungai itu dan kemudian disingkirkan.

BACA JUGA: Pengacara Bali Nine Daftarkan Dua Gugatan ke Mahkamah Konstitusi

Diluar ruang sidang, Manning mengatakan insiden ini semata-mata kelalaian."Saya telah meminta kru saya untuk mengambil jaring itu, tapi mereka ternyata tidak sengaja meninggalkan jaring ikan itu disana," katanya. "Kalau saja saya tahu mereka meninggalkan jaring itu disana maka saya akan kembali untuk mengambilnya," Pengadilan Magistrasi, Michael Carey mengatakan kru Manning seharusnya juga dihukum," "Mereka tampaknya ikut berkontribusi pada sanksi hukum yang kami jatuhkan kepada Manning," katanya.  


Salah satu buaya yang mati terjerat jaring ikan yang ditinggalkan di Coopers Creek, di aliran Anak Sungai East Alligator.

 Manning kemudian mengatakan dia telah mengirim kru memancingnya untuk mengambil jaring ikan itu namun karena ombak sangat tinggi maka jaring itu tenggelam dan tidak terlihat. "Mereka baru menyadarinya setelah mendapati jaring tersebut tidak ada kapal ketika mereka tiba di Darwin," katanya. Jaksa penuntut mendesak hakim magistrasi menuntut Manning sekitar $4,000 untuk membayar biaya yang dikeluarkan untuk menarik jaring itu dan melibatkan kepolisian. "Polisi harus mengeluarkan anggaran untuk mengirim personilnya  berpatroli. Mereka tetap digaji  terlepas dari [apakah] mereka berhasil mengambil jaring saya atau tidak, "kata Manning. Manning divonis harus membayar denda $600 untuk kejahatan ini, dan denda $1.000 untuk mengganti biaya yang dikeluarkan polisi, ditambah biaya pengadilan. "Aku sudah memancing 40 tahun dan ini belum pernah terjadi sebelumnya dan hakim magistrasi saya akira menghargai hal itu dan memberi saya hukuman yang tepat," kata Manning di luar pengadilan.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Murid SD di Sydney Nge-rap Untuk Angkat Isu Kekerasan Rumah Tangga

Berita Terkait