Tempat Gym Jadi Sarang Bakteri

Kamis, 06 Maret 2014 – 03:15 WIB

jpnn.com - MESKI menyehatkan, gym juga merupakan salah satu tempat umum yang bisa membuat anda berisiko terkena penyakit. Oleh sebab itu, lakukan beberapa kebiasaan baik selama beraktivitas di gym agar tetap sehat dan bugar secara sempurna.

"Jika anda sedang berada di gym umum, anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu saat akan menggunakan handuk dan peralatan lain karena digunakan secara 'berbarengan'," kata seorang pakar fitness, Arnav Sarkar, seperti dilansir laman Health Me Up, Selasa (4/3).

BACA JUGA: Pola Asuh Pengaruhi Kecanduan Anak terhadap Internet

Arnav juga menyarankan anda membawa hand sanitiser untuk menjaga tangan tetap steril dan mencegah penularan bakteri dari peralatan gym. Selain itu, biasakan untuk mencuci tangan dengan bersih sebelum dan sesudah latihan. Bahkan jika memungkinkan cobalah untuk membersihkan peralatan olahraga sebelum menggunakannya.

"Jangan lupa untuk selalu mandi setelah latihan. Jangan biarkan pakaian kotor anda yang penuh keringat tersimpan di tas sampai berhari-hari setelah latihan," pungkas Arnav.

BACA JUGA: Anak tak Bikin Orang tua Paruh Baya Bahagia

Beberapa kebiasaan lain terkait kebersihan yang bisa dilakukan di gym.

1. Jangan berbagi produk perawatan pribadi anda dengan orang lain.

BACA JUGA: Stress Terbukti Buat Kepala Makin Sakit

2. Kenakan pakaian bersih setiap kali anda latihan di gym dan pastikan anda segera mencucinya setelah latihan selesai.

3. Biasakan untuk tidak menunda mandi pasca latihan.

4. Hindari memaksakan diri pergi ke gym jika anda sedang tidak fit atau sedang sakit.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kebanyakan orang Inggris mengakui mereka mencuci perlengkapan bekas mereka setelah 3 kali nge-gym. Jajak pendapat yang dilakukan pada 1.456 orang tersebut menemukan bahwa setiap orang memiliki standar tinggi yang sama pada kebersihan.

Namun, ketika ditanya lebih lanjut, terungkap bahwa mereka yang mengaku mencuci peralatannya setiap sehabis penggunaan, sepertiganya kembali mengatakan bahwa mereka hanya mengganti baju saja pasca latihan. Jika demikian, maka aktivitas nge-gym akan menjadi percuma karena anda tetap berisiko sakit akibat infeksi kuman. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tisu Basah Penyebab Alergi Parah pada Anak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler