Temuan Inspeksi Mendadak ke PT Yongjin Bikin Kaget, Ya Ampun

Jumat, 09 Juli 2021 – 02:25 WIB
Forkopimda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, saat sidak penerapan PPKM darurat di salah satu pabrik di Kabupaten Sukabumi pada Kamis, (8/7). ANTARA/Aditya Rohman

jpnn.com, SUKABUMI - Inspeksi mendadak (sidak) jajaran Forkopimda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (8/7) menemukan masih ada sejumlah pabrik yang melanggar aturan PPKM Darurat.

Sidak yang dilakukan perwakilan Pemkab Sukabumi, DPRD, Kodim 0622 dan Polres itu dilakukan ke sejumlah pabrik di daerah itu.

BACA JUGA: Tegas! Kapolri Minta Pekerja dan Perusahaan Patuhi Aturan PPKM Darurat

"Ternyata masih ada pabrik yang tidak menerapkan aturan PPKM darurat," kata Kapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif.

Setiap pabrik yang menjadi sasaran sidak langsung diperiksa kepatuhannya menerapkan protokol kesehatan, jam operasionalnya, perlindungan terhadap karyawan, dan pembatasan aktivitas lainnya sesuai aturan PPKM Darurat.

BACA JUGA: Luhut Ditantang Debat oleh Pentolan SEMMI, Ferdinand Membela, Begini Kalimatnya

Lukman memastikan pabrik-pabrik yang melanggar pasti diberikan sanksi setelah dilakukan pendataan oleh tim yustisi.

Nantinya manajemen perusahaan pelanggar itu diwajibkan menjalani sidang di Pengadilan Negeri Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Para Wanita Ini Dibawa dari Tempat Spa di Semarang, Lihat Penampilannya

Ketua DPRD Sukabumi Yudha Sukmagara menyayangkan masih ada pabrik yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan, seperti di PT Yongjin.

Tim yang turun ke lapangan kaget ternyata di pabrik yang memiliki 5.000 karyawan itu sangat minim penerapan protokol kesehatan. Pihak perusahaan bahkan terkesan abai dalam melindungi keselamatan setiap karyawannya.

Menurut Yudha, karyawan diketahui masih berkerumun saat masuk dan keluar pabrik, alat pendukung kesehatan seperti fasilitas cuci tangan minim serta tempat istirahat karyawan yang jauh dari standar protokol kesehatan.

"Di pabrik ini protokol kesehatannya belum diberlakukan secara maksimal, padahal aturannya dan sanksinya sudah jelas bahkan ada beberapa poin lainnya yang menjadi temuan kami," ucap dia.

Ia mengatakan seluruh pabrik di Kabupaten Sukabumi wajib menerapkan protokol kesehatan secara maksimal. Apalagi sudah ratusan pekerja di daerah itu yang tertular Covid-19 dan satu di antaranya meninggal dunia. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler