Temuan Kolaborasi Survei, Angka Keterpilihan Pramono-Doel Tertinggi, RK-Suswono Kalah

Jumat, 25 Oktober 2024 – 19:48 WIB
Ethical Politics dan Astra Buana Sendhang Pranawa saat membeberkan temuan teranyar di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (25/10). Aristo/JPNN

jpnn.com - Cagub-Cawagub Jakarta nomor urut tiga Pramono Anung dan Rano Karno atau Doel menjadi kandidat dengan angka keterpilihan tinggi berdasarkan temuan teranyar hasil kolaborasi Ethical Politics serta Astra Buana Sendhang Pranawa.

Diketahui, survei dua lembaga menggunakan pendekatan psikologi politik dengan menitikberatkan pada konsistensi jawaban responden melalui pertanyaan berjenjang.

BACA JUGA: Pramono Anung Siapkan Dana Hibah Rp 300 M untuk Pelaku UMKM Jakarta

Direktur Eksekutif Astra Buana Sendhang Pranawa menyatakan survei hasil kolaborasi pihaknya berbeda dari temuan elektabilitas pada umumnya, terutama dari sisi model kuisioner. 

"Kami meminta responden mengurutkan nama calon pemimpin yang dikenal, disuka, dipilih, dan diyakini menang” ujar Hari saat memaparkan temuan pihaknya di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (25/10).

BACA JUGA: Guru Honorer Supriyani Dimintai Uang Damai Rp 50 Juta, Kades Ungkap Kronologinya, Oalah

Hasil survei itu menyatakan paslon Pramono-Doel meraih angka keterpilihan sebesar 45,56 persen atau menjadi yang tertinggi dibandingkan kontestan Pilkada Jakarta 2024 lain.

"Pram-Doel meraih tingkat keterpilihan sebesar 45,56 persen di posisi pertama," kata Direktur Eksekutif Ethical Politics Hasyibulloh Mulyawan, Jumat.

BACA JUGA: Relasi Sesalkan Sorakan Sasar Keluarga Jokowi saat Pelantikan Prabowo

Sementara itu, Cagub-Cawagub Jakarta nomor urut satu Ridwan Kamil dan Suswono memperoleh angka keterpilihan sebesar 30 persen.

Selanjutnya, kandidat Dharma Pongrekun serta Kun Wardhana mendapat angka keterpilihan 8,47 persen dan angka pemilih mengambang 15,97 persen.

"Undecided voters atau swing voters 15,97%” ujar Hasyibulloh.

Pramono-Doel dalam survei kolaborasi Ethical Politics serta Astra Buana Sendhang Pranawa juga menjadi kandidat dengan tingkat kesukaan tertinggi, yakni 45,73 persen.

RK-Suswono di sisi lain memperoleh tingkat kesukaan 30,48 persen dan Dharma-Kun sekitar 8,87 persen. Tercatat 14,92 persen memilih tidak menjawab.

Juru Bicara Pramono-Doel, Chico Hakim menyebut pihaknya bakal terus bekerja keras untuk kemenangan meskipun hasil survei sudah menunjukkan sisi positif.

"Kami tidak akan lengah dengan hasil survei ini," kata Chico, Jumat.

Juru Bicara Dharma-Kun, Leni Siregar mengaku bakal menjadikan survei kolaborasi Ethical Politics serta Astra Buana Sendhang Pranawa sebagai pegangan bergerak ke bawah.

"Bang Dharma rajin turun berdialog dengan masyarakat dan ini sangat luar biasa untuk pendatang baru kami yakin terus meningkat sebulan ini” ujar Leni, Jumat.

Diketahui, Ethical Politics serta Astra Buana Sendhang Pranawa melaksanakan survei kolaborasi dengan menganalisa 1.240 responden yang tersebar di seluruh kota administrasi Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu. 

Data diambil dalam kurun 1-10 Oktober 2024 dan terus melalui validasi bertahap untuk mendapatkan hasil yang objektif dan solid.

Ethical Politics serta Astra Buana Sendhang Pranawa menaruh toleransi kesalahan atau margin of error dalam temuan mereka sekitar 2,78 persen dengan tingkat kepercayaan di atas 95 persen. (ast/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler