Tentang Skandal Golden Shower

Minggu, 15 Januari 2017 – 09:55 WIB
Donald Trump. Foto: AP

jpnn.com - jpnn.com -Hanya dalam hitungan hari bakal dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali digoyang skandal.

Golden Shower namanya. Ini tentang sebuah memo yang ditulis oleh mantan anggota M16 (badan intelijen Inggris), yang berisi fakta-fakta heboh soal hubungan Trump dengan Rusia.

BACA JUGA: Kisah Mantan Intel Inggris Penulis Rahasia Trump-Rusia

Berikut di bawah ini, serba-serbi secara umum tentang Golden Shower

pencari fakta:

BACA JUGA: Kisruh! Heboh! Donald Trump Tuding CNN Payah

• Christopher Steele, mantan anggota M16 (badan intelijen Inggris) yang lantas menjadi penasihat intelijen global.

• Glenn Simpson, mantan reporter Wall Street Journal yang juga teman Steele. Dia mendirikan dan memimpin Fusion GPS, semacam badan spionase swasta.

BACA JUGA: Ini Pesan Khusus Obama Untuk Trump

 September 2015

- Politisi Partai Republik yang anti-Donald Trump menyewa Fusion GPS untuk menyelidiki segala hal tentang Trump.

Juni 2016

- Steele bergabung dalam penyelidikan tentang Trump bersama Fusion GPS. Hasil investigasi tidak dirilis. Ada kemungkinan skandal Golden Shower sudah diketahui.

Juli 2016

Steele dan Fusion GPS ganti disewa Partai Demokrat.

Juli 2016

Hasil penyelidikan Steele diserahkan kepada FBI. Isinya, tim kampanye Trump bersepakat dengan Rusia untuk tidak menyinggung Crimea. Konon, saat itu kubu Trump sudah mendapat informasi tentang upaya peretasan data elektronik terhadap DNC dan RNC (komite nasional Partai Republik).

Akhir Juli–Awal Agustus 2016

M16 menerima laporan tentang Trump dan Rusia.

September 2016

Laporan yang masuk ke M16 menumpuk. Steele lantas menuliskan memo berdasar laporan yang diterimanya itu, lalu menyerahkannya ke FBI. Namun, tidak ada respons. FBI memilih melanjutkan kasus surel Clinton. Steele menduga itu terjadi karena banyak agen intelijen yang berteman dengan Rudy Giuliani, sekutu Trump.

Oktober 2016

Steele yang kecewa kepada FBI lantas terbang ke Kota New York dan bertemu dengan David Corn, editor majalah Mother Jones, dan menceritakan pengalamannya. Memo itu lantas dipublikasikan Mother Jones pada awal Januari.

November 2016

Trump menang pilpres, Steele dan Fusion GPS tetap melanjutkan investigasi meski tidak dibayar lagi.

Senator John McCain yang mendengar tentang memo Golden Shower langsung menemui Sir Andrew Wood (mantan duta besar Inggris di Moskow). Mengaku belum mendengar memo itu, Wood menyarankan McCain untuk sepenuhnya percaya kepada Steele yang reputasi intelijennya tetap bisa diandalkan.

McCain lantas terbang ke Kota London untuk mendapatkan memo itu langsung dari orang kepercayaan Steele. Setelah dibawa pulang, memo tersebut diberikan kepada FBI. Akhir pekan lalu Presiden Barack Obama dan Trump dibrifing oleh menteri luar negeri terkait skandal tersebut. (jawa pos/the independent)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Air Mata dari Legenda Hollywood buat Donald Trump


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler