Terbukti Korupsi, Pentolan Partai Komunis Divonis 13 Tahun

Rabu, 24 Januari 2018 – 10:30 WIB
Mantan anggota Politbiro Partai Komunis Vietnam Dinh La Thang diadili atas tuduhan korupsi. Foto: TTXVN

jpnn.com, HANOI - Puluhan orang dijerat kasus korupsi di Vietnam. Salah satunya adalah mantan anggota politbiro Partai Komunis Dinh La Thang.

Senin (22/1), dia dijatuhi hukuman 13 tahun penjara dengan dakwaan melanggar aturan manajemen ekonomi negara secara sengaja.

BACA JUGA: Zumi Zola Dukung KPK Berantas Korupsi

Negara rugi VND 119 miliar atau setara Rp 69,9 miliar pada proyek pembangkit tenaga panas PetroVietnam (PVN).

Pemerintah seakan menunjukkan kepada publik bahwa mereka tidak tebang pilih dalam menegakkan aturan hukum. Sebab, Dinh merupakan pejabat paling senior yang diadili dalam beberapa dekade.

BACA JUGA: Sumaryoto: Korupsi Mengancam Eksistensi NKRI

Sebelumnya, para pejabat politbiro hampir tak tersentuh. Dinh tak sendiri. Pada hari yang sama, pengadilan menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada Trinh Xuan Thanh.

Pekan lalu, di hadapan pengadilan mereka meminta maaf kepada partai. Sebanyak 22 orang lainnya yang terlibat dalam kasus itu juga dihukum mulai tiga sampai sembilan tahun penjara.

BACA JUGA: Cepat atau Lambat, Liones Wangsa Pasti Ketangkap

Tapi, para pengamat berpendapat ada motif politik di balik penangkapan tersebut. Yaitu upaya untuk menyingkirkan musuh-musuh para pemuka partai.

Mereka yang ditangkapi adalah orang-orang dekat mantan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung. Namun, hal itu langsung dibantah Hakim Ketua Truong Viet Toan.

’’Semua penduduk sama di hadapan hukum,’’ tegasnya sebagaimana dilansir Reuters. Media asing dilarang untuk meliput proses peradilan tersebut.

Tahun lalu Trinh lari ke Berlin, Jerman, untuk mencari suaka. Tapi, agen yang dikirimkan pemerintah Vietnam berhasil menculiknya di salah satu taman di Berlin dan membawanya pulang. Dia mendapatkan dakwaan yang sama seperti Dinh, plus penggelapan.

Rencananya, pengadilan kembali menghadirkan Trinh dan Dinh untuk membahas kasus korupsi lainnya yang membelit mereka. Trinh diadili lagi Rabu (24/1) atas tudingan korupsi terkait dengan proyek realestat.

Dulu dia pernah menjabat pimpinan unit konstruksi di PVN. Tahun lalu Kepala PVN Nguyen Xuan Son dihukum mati karena perannya dalam skandal korupsi tersebut. (sha/c22/dos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Laporkan Korupsi ke KPK, 2 Warga Ponorogo Jalan Kaki 27 Hari


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler