TERUNGKAP! Isi Pembicaraan Rahasia antara Pak Jokowi dan Siswi Pembawa Baki

Jumat, 18 Agustus 2017 – 19:55 WIB
Pembawa baki bendera Merah Putih Ruth Cheline Eglesya Purba. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo membuka cerita menarik ketika upacara penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Kamis (17/8) petang. Sebuah rahasia yang ternyata hanya dia dan Ruth Celine Eglesya Purba yang tahu.

Saat acara silaturahmi dengan Teladan Nasional dan Paskibraka 2017 di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/8), Jokowi-sapaan presiden mengungkap bahwa dirinya sempat lupa ketika Ruth mengembalikan bendera.

BACA JUGA: Lapas Tegal Gelar Agustusan, Napi Terorisme Pilih di Sel Sendirian

Presiden Jokowi saat acara silaturahmi dengan Teladan Nasional dan Paskibraka 2017 di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/8). Foto: Setpres

BACA JUGA: PAN Mulai Terpesona Jenderal Gatot untuk Pilpres 2019

Sebab, dirinya hanya ingat proses gladi resik pagi hari saat penyerahan bendera kepada pembawa baki.

“Jadi waktu sampai di depan kemudian pembawa bendera, Ruth dari Sumut, naik ke atas. Saya bisik-bisik ke Ruth saat itu tapi enggak ada yang dengar kan. Ada yang dengar gak? enggak ada," ucap Jokowi, meyakinkan bahwa tidak ada yang mengetahui kejadian itu kecuali dia dan siswi SMAN 2 Binjai itu.

BACA JUGA: Zulkifli Jadi Deg-degan karena Tifatul Doakan Jokowi Gemuk Badan

Apa yang terjadi?

“Ruth ini ngambilnya bendera apa dengan bakinya? Saya inget-inget, ingatnya dengan baki kuningnya. Sudah saya ambil tuh. Ruth bisik-bisik ke saya "Bapak hanya benderanya saja", ya saya ganti sudah," ungkap Jokowi, disambut tawa peserta silaturahmi.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini meyakinkan bahwa tidak ada yang mengetahui peristiwa singkat itu, kecuali dia dan Ruth. Untuk memastikan, dia bahkan menanyakan kepada Wapres Jusuf Kalla, apakah mengetahuinya atau tidak.

"Kalau ada yang tahu silakan maju. Ada yang tahu. Gak apa-apa kalau ada yang tahu. Pak Wapres tahu, gak tahu. Pak wapres yang dekat saya saja ndak tahu, masa yang lain ngomong tahu,” tutur mantan wali kota Surakarta.

Namun demikian, Jokowi bersyukur karena secara umum upacara peringatan HUT Proklamasi kemerdekaan ke-72 berjalan baik.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pesimistis soal Ekonomi, Anak Buah Prabowo Anggap Jokowi Tak Realistis


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler