Tes Kualitas bagi Timnas

Selasa, 07 Desember 2010 – 04:25 WIB
BERAT - Melawan Thailand, ibarat menghadapi lawan sesungguhnya bagi Firman Utina dan kawan-kawan. Foto: Charlie Lopulua/Indopos.
JAKARTA - Timnas Indonesia mendapat ujian beratDi laga pemungkas babak penyisihan Grup A Piala AFF malam nanti, timnas Merah Putih akan ditantang juara Piala AFF tiga kali, Thailand

BACA JUGA: Untung, Tidak Dapat Teguran

Duel klasik ini adalah ujian sesungguhnya bagi kualitas timnas Indonesia yang di dua laga sebelumnya berhasil pesta gol ke gawang Malaysia dan Laos.

Indonesia dan Thailand memiliki sejarah panjang persaingan di lapangan hijau
Dan sampai saat ini, Thailand terbukti lebih berjaya

BACA JUGA: Sempurnakan Gelar Raja Asia Tenggara!

Di ajang Piala AFF saja, Indonesia dan Thailand pernah bentrok tujuh kali
Hasilnya, Thailand mendominasi dengan memetik kemenangan enam kali dan Indonesia hanya menang sekali

BACA JUGA: Bayern Buru Neuer, Proteksi Schweini

Itupun lewat adu penalti dan sudah terjadi pada 1998 silam.

Nah, malam nanti, Indonesia memiliki kesempatan besar untuk menghentikan dominasi ThailandSkuad Garuda akan tampil tanpa beban, karena sudah memastikan diri lolos ke babak semifinal dan menjadi juara grupSedangkan Thailand dalam posisi tertekanJika kalah, Therdsak Chaiman dkk dipastikan bakal tersingkirHasil seri juga tidak akan menyelamatkan Thailand, jika di laga Grup A lainnya yang digelar di Stadion Jakabaring, Palembang, Malaysia dan Laos salah satunya memetik kemenangan.

Menyongsong duel melawan Thailand ini, timnas sendiri tampak rileks tapi percaya diriUntuk menghindarkan pemain pilar cedera, pelatih Alfred Riedl sudah berencana melakukan rotasi dalam skuadnya"Itu tidak berarti kami menganggap enteng ThailandMereka tim yang sangat bagus, dan harus berhati-hati menghadapinya," kata Wolfgang Pikal, asisten pelatih timnas Indonesia, dalam sesi press conference kemarin siang, di Hotel Sultan, Jakarta.

Wolfgang pun menyatakan, malam nanti Thailand pasti akan tampil habis-habisan, untuk memforsir kemenangan dan lolos ke babak selanjutnya"Thailand pasti akan ofensifKarena itu, tim akan memanfaatkan situasi itu dengan memaksimalkan serangan balik," ungkap asisten pelatih asal Austria ini.

Secara khusus, Pikal menyebut ada empat pemain Thailand yang harus diwaspadai oleh tim IndonesiaMereka yaitu Datsakorn Tonglao, Teerasil Dangda, bek sayap Suree Sukha, serta pencetak dua gol Thailand, Sarayoot Chaikamdee"Pemain nomor 2 (Suree Sukha) kerap melakukan overlaping, dan crossing-crossing-nya berbahaya," bebernya.

Sementara itu, pelatih Thailand Bryan Robson, mengakui jika timnya dalam posisi sulit"Ini pertandingan yang tidak mudahTapi kami harus menang untuk lolos ke semifinal," cetusnya dalam press conference kemarin.

Menurut Robson, Indonesia tampil impresif di dua laga pertamanyaTapi mantan kapten Manchester United ini mengatakan, timnya juga tampil dominan, meski hanya bermain seri melawan Laos (2-2) dan Malaysia (0-0).

"Menghadapi Indonesia memang sulitTapi saya percaya dengan para pemain sayaMereka sudah terbiasa menghadapi pertandingan penting, dan saya yakin kami bisa mengatasi tekanan ini," lanjutnya.

Terkait rencana timnas Indonesia yang akan melakukan rotasi, hal itu tak dianggap sebagai keuntungan oleh RobsonDia justru menganggap hal itu akan merepotkan Thailand"Apa benar Riedl akan melakukan rotasi pemain? Mudah-mudahan dia akan melakukan sembilan perubahan pemain," seloroh Robson.

"Pelatih (Riedl) bisa mengistirahatkan pemain-pemainnya, karena mereka sudah dalam posisi bagus, setelah memastikan lolos ke babak semifinalTapi, situasi itu tidak serta-merta menjadi keuntungan bagi kamiKarena para pemain pengganti biasanya malah bermain penuh semangat, untuk membuktikan kemampuannya kepada pelatihItu bisa menyulitkan kami," beber Robson pula(ali)

Head to Head Indonesia-Thailand di Piala AFF:
16-12-2008 -- Semifinal I         Indonesia v Thailand    0-1
20-12-2008 -- Semifinal II        Thailand v Indonesia    2-1
29-12-2004 -- Posisi III & IV    Indonesia v Thailand    2-4 (2-2)
10-10-2000 -- Grup A                Thailand v Indonesia    4-1
18-10-2000 -- Posisi III & IV    Thailand v Indonesia    4-1
31-08-1998 -- Grup A               Thailand v Indonesia    3-2
05-09-1998 -- Posisi III & IV    Indonesia v Thailand    5-4 (3-3)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tevez dan Mancini Ribut Lagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler