Tetap Fun tanpa Asisten Rumah Tangga

Tanamkan Pikiran Positif dan Lenyapkan Panik

Kamis, 08 Agustus 2013 – 19:43 WIB

jpnn.com - BERKUMPUL  bersama keluarga merupakan sesuatu yang dinanti saat Lebaran. Begitu juga asisten rumah tangga atau yang lebih dikenal dengan pekerja rumah tangga (PRT) yang bekerja di rumah Anda. Mereka pasti ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman setelah lama merantau bekerja.

Karena itu, Anda harus siap menghadapi beberapa hari tanpa PRT selama mereka mudik. Begitu pentingnya peran PRT dalam keluarga, terutama pada keluarga dengan orang tua pekerja atau sibuk di luar rumah. Kepergian mereka beberapa saat terkadang membuat stres dan kerepotan. Karena harus mengerjakan semua pekerjaan rumah sendiri dengan waktu yang sibuk.

BACA JUGA: Kunyah Es Batu Bikin Email Tipis

Namun, rasa penat itu dapat diatasi dengan segala persiapan sebelum PRT mudik ke kampung halaman. Psikolog Terry Desiyanti SPsi mengatakan, momen ini justru dapat menjadi kesempatan untuk melatih kemandirian anak serta meningkatkan kekompakan dan keharmonisan keluarga.

Pada dasarnya, tugas PRT adalah menangani segala pekerjaan dan keperluan rumah serta menjaga anak-anak yang masih kecil saat orang tua bekerja. Memang hal tersebut dirasa berat, namun dapat menjadi ringan dan fun apabila Anda dapat menyiasatinya. "Hal terpenting dan paling dasar dalam menghadapi kondisi tersebut adalah tanamkan pikiran positif dan jangan panik dulu," tegas perempuan 35 tahun tersebut.

BACA JUGA: Tetap Fun tanpa Asisten Rumah Tangga

Anda harus yakin momen itu akan berdampak positif bagi Anda dan keluarga. Pikiran positif akan membawa pekerjaan rumah menjadi ringan dan tidak ada beban. Sebaliknya, jika Anda berpikiran negatif, pekerjaan rumah tersebut semakin berat.

Kedua, Anda harus memastikan lama waktu mudik untuk PRT. "Hal itu dapat menjadi acuan Anda dalam mempersiapkan segala yang dibutuhkan. Misalnya, berapa banyak stok makanan yang harus disediakan di lemari pendingin dan berapa hari Anda akan mengambil cuti kerja," jelas perempuan asal Surabaya tersebut. Komitmen itu sangat penting, namun Anda harus antisipasi ketika PRT molor untuk kembali bekerja.

BACA JUGA: Shopaholic Cenderung Akibat Gangguan Psikologis

Ketiga, Anda perlu menyediakan bahan logistik makanan selama PRT mudik. Ketersediaan bahan makanan akan mempermudah Anda dalam menyediakan hidangan keluarga. "Jika diperlukan, Anda terlebih dulu membuat daftar makanan apa saja dan jumlah yang akan disajikan. Dari situ dapat mempermudah Anda dalam membeli bahan," terang perempuan kelahiran 13 Desember 1977 tersebut sambil tersenyum.

Keempat, mintalah PRT menyelesaikan pekerjaan sebelum mudik. Tujuannya, menghindari pekerjaan yang menumpuk dan terbengkalai selama PRT pulang kampung. Misalnya, Anda memastikan bahwa tidak ada piring dan gelas kotor yang menumpuk, lingkungan rumah sudah dalam keadaan bersih dan rapi, serta tidak ada tumpukan pakaian kotor yang belum dicuci. (bri/lie/c9/tia)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mix and Match Jilbab, Sesuai Bentuk Tubuh dan Wajah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler