TGUPP Berpolemik, Sandiaga Lempar ke Anies

Rabu, 03 Januari 2018 – 20:31 WIB
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno enggan mengomentari polemik Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) yang diduga untuk mengakomodasi sebagian timses Anies Baswedan-Sandi.

Seperti pembentukan Komite Pencegahan Korupsi yang sebagian anggotanya berisikan timses Anies-Sandi. Menurut Sandi, penyusunan TGUPP merupakan wewenang Anies.

BACA JUGA: DKI Bakal Menggaji Bambang Widjojanto Rp 51 Juta per Bulan

"Nanti Pak Anies yang nerangin. Biar Pak Gubernur," kata Sandi di Balai Kota DKI, Rabu (3/1).

Saat disinggung apakah Sandi tidak diajak berdiskusi mengenai penyusunan TGUPP, dia membantahnya. Sandi mengaku turut ambil peran dalam penyusunan anggota TGUPP.

BACA JUGA: Anies Tunjuk 5 Tokoh Duduk di Komite Pencegahan Korupsi

Meski begitu, Sandi mengklaim, para anggota TGUPP berkompeten di bidangnya. "Orangnya sangat mumpuni dan bisa dilihat dari rekam jejaknya," kata Sandi.

Mengenai pembentukan TGUPP, Sandi menegaskan merupakan wewenang gubernur. Bahkan, pembentukan TGUPP tidak perlu izin dari DPRD DKI. "Tidak ada keharusan, tapi biarkan Pak Anies," tandas dia.

BACA JUGA: Pemprov DKI Bentuk Komite Pencegahan Korupsi

Sebelumnya, anggota Komisi D DPRD DKI Bestari Barus menganggap Komite Pencegahan Korupsi untuk mengakomodasi sejumlah timses Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Meski begitu, hal itu merupakan hal yang wajar.

"Saya harap bisa bekerja baik. Bambang Widjojanto dan yang lainnya yang telah terlibat di dalam support kampanye, kan perlu juga difasilitasi sesuai bidangnya. Jadi wajar-wajar saja itu diisi oleh orang yang melekat semasa kampanye," kata Barus, Rabu (3/1).

Namun dia juga mengingatkan kepada Anies, masyarakat akan menilai sejauh mana kinerja Komite PK dalam mengatasi persoalan yang ada di Jakarta. Paling tidak, kata dia, tahun pertama belajar hal-hal yang terkait dengan DKI Jakarta

"Bagi-bagi jabatan itu hal yang biasa dalam sebuah suksesi. Ada yang harus diakomodasi supaya terus terjaga dalam masa masa periodenya dia. Itu hal yang biasa saja sebetulnya. Mudah-mudahan memang betul-betul bagus," kata politikus NasDem ini. (tan/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anies Gandeng Mantan Ketua KPK ke Pemprov DKI


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler