Tim Gabungan Gagalkan Keberangkatan 31 Calon PMI Ilegal di Riau

Senin, 21 Agustus 2023 – 13:52 WIB
Tim Gabungan Gagalkan Keberangkatan 31 Calon PMI Ilegal di Riau. Foto: dok. Dispenal

jpnn.com, RIAU - Tim Gabungan Lanal Dumai dan Satgas Opsintelmar Gurindam Sakti-23 menggagalkan pemberangkatan 31 calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal di Pesisir pantai Sepahat Kab. Bengkalis, Provinsi Riau, Sabtu (19/8) pukul 16.30 WIB.

Barang bukti yang disita adalah 30 unit handphone, 26 buah KTP WNI, 16 buah paspor, dan tas barang bawaan.

BACA JUGA: Perjuangkan Hak PMI, Menaker Ida Usul Kenaikan Upah Minimum ke Pemerintah Hong Kong

Berdasarkan pemeriksaan awal, calon PMI ilegal ini sudah berada di kamp hutan bakau pesisir pantai Sepahat, selama satu hari untuk menunggu keberangkatan menuju Malaysia, dengan speed boat.

Para calon PMI ilegal berangkat dari daerah masing-masing dengan tujuan Terminal Kota Dumai, selanjutnya dijemput oleh agen menuju lokasi pemberangkatan yaitu pesisir pantai Sepahat.

BACA JUGA: Polres Rohil Tangkap 2 Pria Pembawa PMI Ilegal, 51 Korban TPPO Diselamatkan

Dalam keterangan tertulis, Kadispamsanal Laksma TNI Yudhi Bramantyo mengatakan bahwa 31 calon PMI ilegal itu sudah diamankan petugas.

"Mereka diamankan di Mako Lanal Dumai untuk pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Tim kesehatan Lanal Dumai," ujarnya, Senin (21/8).

BACA JUGA: Polisi Gagalkan Keberangkatan 27 PMI Ilegal Asal Timor Tengah Selatan

Berikut kronologi penggagalan keberangkatan PMI Ilegal:

1. Sabtu, 19 Agustus 2023, sekira pukul 13.00 WIB, tim gabungan Lanal Dumai dan Satgas Opsintelmar Gurindam Sakti-23 mendapat informasi adanya rencana pemberangkatan calon PMI secara ilegal menuju Malaysia, melalui pesisir Pantai Sepahat Kab. Bengkalis Prov. Riau.

2. Pukul 13.30 WIB, tim gabungan bergerak melalui jalur darat menuju titik lokasi yang diduga sebagai Camp penampungan calon PMI ilegal berada di pesisir pantai Sepahat Kab. Bengkalis Prov. Riau.

3. Pukul 14.30 WIB, tim gabungan tiba di lokasi, selanjutnya melaksanakan penyisiran, pemantauan dan pengintaian ke dalam hutan Bakau hingga ke bibir Pantai Sepahat Kab. Bengkalis Prov. Riau.

4. Pukul 16.35 WIB, tim gabungan menemukan diduga calon PMI ilegal yang sedang berkumpul di Camp. tepatnya di pinggir Pantai Sepahat yang sedang menunggu diberangkatkan menuju Malaysia, sebanyak 31 orang calon PMI, terdiri dari laki-laki 15 orang, perempuan 15 orang, dan 1 anak kecil. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler