Tim JKW PWI Tiba di Manado, Ini Catatannya

Rabu, 12 Januari 2022 – 13:17 WIB
Tim JKW PWI di Manado. Foto: dari Tim PWI

jpnn.com, MANADO - Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan-Persatuan Wartawan Indonesia (JKW-PWI) tiba di Manado, Sulawesi Utara.

Sonny Wibisono, Indrawan Ibonk, Yanni Krishnayanni dan Aji Tunang Pratama di dalam Tim JKW-PWI menempuh jarak 779 km dari Tolitoli ke Manado.

BACA JUGA: Laporan Tim Jelajah PWI: Agus Jatuh, Temannya Susah Payah Bersandar di Tolitoli

Waktu tempuh yang dibutuhkan 17 jam 30 menit. Tim sempat bermalam di Buol di Sulawesi Tengah dan Lolak di Sulawesi Utara sebelum memasuki Kota Manado pada Minggu (9/1).

Sepanjang perjalanan, Tim JKW-PWI kembali dimanjakan panorama Sulawesi yang begitu indah sehingga keempat wartawan bikers sempat berkali-kali berhenti untuk mengabadikan keindahan alam Celebes.

BACA JUGA: Catatan Akhir Tahun 2021 PWI

Setiba di Manado, Tim JKW-PWI langsung menuju dealer Kawasaki Manado, Istana Berkat Gemilang, untuk mengecek kondisi motor dan melakukan penggantian oli mesin serta beberapa spare part seperti kanvas rem, handle rem dan kopling, rantai dan gear set, serta ban luar untuk KLX 230.

Indrawan Ibonk menyatakan kepuasannya terhadap layanan yang diberikan Istana Berkat Gemilang selaku dealer resmi yang menjadi rekanan Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

BACA JUGA: Inilah 10 Kepala Daerah Pemenang Anugerah Kebudayaan PWI, Apa Rahasianya?

“Sambil menunggu pengerjaan unit motor, kami diberikan fasilitas penginapan yang terletak di samping dealer Kawasaki, Heine Hotel. Sehingga setiap saat tim bisa mengecek pengerjaan motor di bengkel,” ungkap Ibonk.

Direktur Istana Berkat Gemilang, Ivan menyatakan pihaknya akan memaksimalkan layanan terhadap semua kebutuhan Tim JKW-PWI selama di Manado.

“Sampaikan saja semua yang perlu dikerjakan kepada montir kami, Pak. Kami berikan yang terbaik untuk Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan,” ujar Ivan.

Syaiful Aufat, salah seorang mekanik di bengkel Kawasaki menjelaskan, sebetulnya Minggu adalah hari libur buat semua pegawai bengkel.

"Namun, karena ada tim eksepedisi wartawan dari Jakarta yang mau mengecek motornya, maka kami siapkan waktu khusus untuk memenuhi kebutuhan Tim Jelajah Kebangsaan,” ujar Syaiful.

Ekspedisi tim JKW-PWI dilepas langsung oleh Ketua Umum PWI Pusat, Atal Depari, dari Gedung Dewan Pers, Jakarta, pada 28 Oktober 2021.

Tim JKW-PWI berencana melintasi 34 provinsi, 15 pulau dan mendaki tujuh puncak gunung tertinggi di Indonesia.

Sulawesi Utara menjadi provinsi ke-20 yang disinggahi tim.

Penjelajahan bersejarah empat jurnalis, termasuk seorang wartawati ini mengampanyekan gerakan cinta tanah air melalui komunikasi dengan setiap anggota masyarakat yang ditemui selama perjalanan.

Dari sisi kepariwisataan, JKW-PWI bisa membantu pemerintah dalam membangun kembali dunia pariwisata nasional yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Kawasaki Motor Indonesia (KMI), ban Kingland, Continmoto Jakarta, Trooper Custom Helmet, Artha Graha Peduli, Djarum Foundation, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. (*/timpwi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler