Tingkatkan Kualitas Pendidikan, YPA-MDR & Pemkab Kutai Barat Teken Kerja Sama

Rabu, 24 Juli 2024 – 00:37 WIB
Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meneken perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. Foto: Astra

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR - Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meneken perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Barat, Kalimantan Timur, Selasa (23/7).

Kerja sama itu dilakukan guna mewujudkan program bantuan pendidikan untuk sekolah di Kabupaten Kutai Barat, berupa pembinaan di sembilan sekolah demi mendorong peningkatan kualitas pendidikan, sehingga berstatus mandiri dan unggul.

BACA JUGA: Gandeng YPA-MDR, ASTRA Tol Cipali Bantu Masyarakat Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim mengungkapkan kolaborasi dilakukan agar peserta didik berkompeten secara akademik, sehingga bisa menorehkan prestasi.

“YPA-MDR melebarkan sayap untuk menaungi baik tenaga maupun peserta didik untuk mencapai standar mutu pendidikan yang berlaku sehingga menorehkan prestasi baik secara akademik maupun non akademik,” ujar Gunawan Salim dalam siaran persnya, Selasa.

BACA JUGA: Batik Tulis Karya Siswa Siswi Binaan YPA-MDR Siap Bersaing, Lihat Tuh

Dia menambahkan YPA-MDR akan membina 24 sekolah di Provinsi Kalimantan Timur yang terdiri dari enam sekolah di Kecamatan Damai, tiga sekolah di Kecamatan Bentian Besar, dan 15 sekolah di Kecamatan Sepaku.

Program pembinaan itu, kata Gunawan, sejalan dengan program pemerintah untuk mewujudkan generasi muda yang berkompeten, berkarakter, memiliki bekal kecakapan hidup, dan mempunyai kepedulian terhadap seni budaya lokal. 

BACA JUGA: YPA-MDR Rayakan HUT ke-15

"Sehingga dapat menyejahterakan ekonomi daerah," tutur Gunawan.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kutai Barat Fransiskus Xavierus Yapan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh YPA-MDR.

Dia berharap kerja sama ini bisa meningkatkan mutu generasi muda di Kutai lebih meningkat dalam pendidikan.

“Semoga dengan ditandatanganinya kerja sama ini memperkuat komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Barat dan YPA-MDR di bidang pendidikan,” ucap Fransiskus.

Dalam perjanjian itu, YPA-MDR membina enam sekolah di Kecamatan Damai dan tiga sekolah di Kecamatan Bentian Besar, Kabupaten Kutai Timur.

Adapun sekolah tersebut, yakni SDN 001 Damai, SDN 002 Damai, SDN 005 Damai, SDN 006 Damai, SMPN 1 Damai, SMPN 2 Jengan Danum, SDN 001 Bentian Besar, SDN 002 Bentian Besar, dan SMPN 1 Bentian Besar.

YPA-MDR menerapkan program pembinaan dengan sistem sekolah eskalator berjangka 12 tahun.

Nantinya para siswa binaan di tingkat SD dapat melanjutkan pendidikan jenjang SMP di sekolah binaan yang mendukung kurikulum sesuai dengan standar terbaru yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Selain itu, kolaborasi YPA-MDR dengan Pemkab Kutai Barat akan meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemberian fasilitas, sumber daya, program-program yang bertujuan menyadarkan pentingnya pendidikan hingga mengoptimalkan kompetensi para guru melalui pelatihan yang dilengkapi pendampingan intensif untuk mencapai sekolah independen unggul berwawasan global. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... YPA-MDR Ajak Para Pendidik Tetap Optimistis di Kala Pandemi


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler